%0 Generic %A WINDI , JUNISTIA %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %F eprints:75472 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T HUBUNGAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI GUGUS DOKTER WAHIDIN SUDIRO HUSODO KECAMATAN METRO BARAT %U http://digilib.unila.ac.id/75472/ %X Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri Gugus Dokter Wahidin Sudiro Husodo Kecamatan Metro Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis hubungan yang positif dan signifikan antara interaksi teman sebaya dan minat belajar terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode penelitian ex post facto korelasi. Populasi dan sempel berjumlah 74 peserta didik, dengan teknik pengambilan sampling jenuh. Instrument pengumpul data berupa angket dengan skala Likert yamg valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara interaksi teman sebaya dan minat belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar peserta didik, dengan koefisien korelasi sebesar 0,7690 berada pada taraf “kuat”. Kata Kunci: hasil belajar, Interaksi teman sebaya, minat belajar. The problem of this research is the low learning outcomes of fourth grade students at SD Negeri Gugus Dokter Wahidin Sudiro Husodo, West Metro District. This study aims to describe and analyze the positive and significant relationship between peer interaction and learning interest on student learning outcomes. This type of research is quantitative with the research method ex post facto correlation. The population and sample amounted to 74 students, with a saturated sampling technique. The data collection instrument was a questionnaire with a valid and reliable Likert scale. The results showed that there was a positive and significant relationship between peer interaction and interest in learning together with student learning outcomes, with a correlation coefficient of 0, 7690 at the "strong" level. Keywords: learning outcomes, peer interaction, interest in learning.