TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints75511 UR - http://digilib.unila.ac.id/75511/ A1 - INDRA , WIJAYA Y1 - 2023/05/29/ N2 - Pesatnya perkembangan teknologi di Indonesia berdampak pada semakin banyaknya bisnis online. Dalam bisnis online, e-loyalty menjadi isu yang sangat penting karena konsumen dapat dengan mudah beralih karena konsumen dengan mudah membandingkan barang yang sama dengan bisnis online lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh E-Satisfaction dan E-trust terhadap E-loyalty konsumen Shopee di Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Shopee di Bandar Lampung. Untuk mencapai tujuan ini, kuesioner dikembangkan dan data dikumpulkan dari 160 pelanggan Shopee. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil menunjukkan bahwa E-Satisfaction dan E-Trust berpengaruh signifikan terhadap E-Loyalty. Hasil studi menunjukkan bahwa E-Satisfaction meningkatkan E-Trust dan E-Loyalty. Tidak hanya itu, dalam penelitian ini terbukti bahwa variabel E-Satisfaction berpengaruh signifikan terhadap variabel e-trust, artinya semakin konsumen merasa puas terhadap suatu E-Commerce maka semakin besar pula tingkat kepercayaan konsumen terhadap E-Commerce. Begitu juga dengan variabel E-Trust yang berpengaruh signifikan terhadap variabel E-Loyalty, artinya semakin konsumen percaya terhadap E-Commerce maka konsumen akan semakin loyal terhadap E-Commerce. Kata Kunci: E-Satisfaction, E-Trust, E-Loyalty, Shopee Customer, E-Commerce PB - FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS TI - THE EFFECT OF E-SATISFACTION AND E-TRUST TOWARDS E-LOYALTY ON SHOPEE CUSTOMERS IN BANDAR LAMPUNG AV - restricted ER -