@misc{eprints75552, month = {Agustus}, title = {STRATEGI PUBLIC RELATIONS PT BANK PEMBANGUNAN DAERAH LAMPUNG DALAM MENJAGA RELASI DENGAN STAKEHOLDERS EKSTERNAL}, author = {Permata Safitri Vicky }, publisher = {FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK}, year = {2023}, url = {http://digilib.unila.ac.id/75552/}, abstract = {PT Bank Pembangunan Daerah Lampung merupakan Bank Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Lampung yang menyediakan layanan keuangan kepada seluruh masyarakat Provinsi Lampung. Sebagai perusahaan yang bergerak pada bidang jasa keuangan, tentunya PT Bank Pembangunan Daerah Lampung membutuhkan strategi Public Relations dalam menjaga relasi yang baik dengan stakeholders eksternalnya. Melalui hubungan yang baik dengan stakeholders eksternal, PT Bank Pembangunan Daerah Lampung dapat memperoleh dukungan dan kepercayaan dari stakeholders eksternal-nya maupun khalayak luas, sehingga membantu perusahaan dalam mencapai tujuan mereka. Tujuan penilitian ini untuk mengetahui strategi Public Relations PT Bank Pembangunan Daerah Lampung dalam menjaga relasi dengan stakeholders eksternal. Hasil penelitian ini menunjukan strategi Public Relations yang digunakan PT Bank Pembangunan Daerah Lampung adalah strategi persuasif, strategi informasif, serta strategi komponen sarana. Kegiatan strategi yang dilaksanakan Public Relations PT Bank Pembangunan Daerah Lampung dalam menjaga relasi dengan stakeholders eksternal adalah CSR (Corporate Social Responsibility), Acara Undian Tabungan Simpeda Lokal serta Launching QRIS dan Kartu Debit, Melibatkan Stakeholders dalam Proses Keputusan, Membangun Kredibilitas, Informasi Terbuka dan Transparan, serta Media Relations. Kata Kunci: Strategi Public Relations, Relasi, Stakeholders Eksternal} }