title: HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DI RUMAH DAN DISIPLIN DI SEKOLAH DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI creator: KHALDA SEPHINA , RISWANI subject: 370 Pendidikan subject: 372 Pendidikan dasar description: Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Langkapura. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan disiplin belajar di rumah dan disiplin di sekolah secara bersama-sama dengan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SD. Jenis penelitian yaitu kuantitatif dengan metode penelitian ex post facto korelasi. Populasi berjumlah 115 peserta didik. Sampel yang digunakan berjumlah 55 orang peserta didik menggunakan teknik probability sampling. Instrumen pengumpulan data berupa angket dengan skala Likert,yang valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara disiplin belajar di rumah dan disiplin di sekolah secara bersama-sama dengan kemampuan berpikir kritis, dengan korelasi sebesar 0,75 berada pada taraf “Kuat”. Kata Kunci : berpikir kritis, disiplin belajar, peserta didik. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2023-06-26 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/75581/1/1.%20ABSTRAK%20-%20ABASTRACT.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/75581/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/75581/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf identifier: KHALDA SEPHINA , RISWANI (2023) HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DI RUMAH DAN DISIPLIN DI SEKOLAH DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/75581/