%A ALIA FAHSA NANDA %T MANFAAT LAGU ANAK DALAM PEMBELAJARAN TARI PADA SISWA PAUD PERTIWI SIDOMULYO LAMPUNG SELATAN %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manfaat lagu anak dalam pembelajaran tari pada siswa PAUD Pertiwi Sidomulyo Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tolak ukur manfaat musik bagi anak yang dikemukakan oleh Direktorat Sekolah Dasar (2022). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan, teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran tari menggunakan lagu anak memiliki empat manfaat:1) mencerdaskan otak dilihat dengan siswa dapat menghafal lagu yang diberikan oleh guru, 2) mengembangkan keterampilan dan koordinasi motorik yaitu siswa mampu bergerak mengikuti intruksi dari guru dan mampu menyeimbangkan antara gerak tangan, kaki, dan kepala, 3) meningkatkan keterampilan bahasa dilihat dengan saat pembelajaran selesai dilakukan siswa telah menghafal lagu yang diberikan sehingga siswa mampu mengucapkan kata atau kalimat yang ada pada lagu tersebut dengan tepat, 4) menghilangkan stres dan cemas yaitu pada saat pembelajaran siswa terlihat ceria. Pembelajaran tari menggunakan media lagu anak juga bermanfaat bagi guru, yaitu 1) menjadi media pembelajaran yang dapat membantu guru dalam melakukan proses pembelajaran tari, 2) membantu guru agar menjadikan suasana kelas lebih riang, 3) digunakan oleh guru sebagai media untuk membantu siswa dalam menghafal materi pembelajaran tari, 4) membantu guru dalam meningkatkan minat belajar siswa. Kata kunci : lagu anak, pembelajara n tari, siswa paud. This Research is aimed to describe how the benefit of the children song on Students at Pertiwi Early Childhood Education Sidomulyo South Lampung. This research is using the qualitative method on. This research also arranged with a based on benefit of the music for children that has been explained by the elementary school directorate (2022). Data collection techniques in the study inter alia, observation, interviews, and documentation. The data analysis tehniques used include data reduction, data presentation, and deduction. The result of this research shows that by learning dance and using songs will generate four benefits for their intelligence quality, these benefits are: the student are capable of memorizing the songs given by the teachers, develop a skill and coordination capability of following the instructions that are given by the teachers, such as moving their body parts along with the music on the background, improving their language skills and at the end of the study students have memorized the given songs so that the students are able to say the words or sentences of the song correctly, and since the students seem enthusiastic during the study, dance learning uses the student's song rangings can be said to reduce the student's stress and anxiety. The results is seen by the student represents, the student shows the results that match what the teacher expects the dance lesson to use a song outline. Learning dance using children's song media is also beneficial for teachers, these benefits are: 1) as a learning medium that can help teachers carry out the dance learning process, 2) helps teachers to make the class atmosphere more cheerful, 3) is used by teachers as a medium to help students memorize material dance learning, 4) assist teachers in increasing student learning interest. Keywords : children?s song, dance learning, early childhood education student. %D 2023 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %R 1913043037 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints75683