TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints75702 UR - http://digilib.unila.ac.id/75702/ A1 - Tasya , Ananda Y1 - 2023/08/23/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan dan strategi pembelajaran ekstrakurikuler paduan suara di SMA Negeri 2 Bandar Lampung. Data pada penelitian ini dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan kemudian menguji keabsahan data. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik seperti wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil dan pembahasan, penelitian ini menunjukan bahwa tahapan pembelajaran yang dilaksanakan pada ekstrakulikuler paduan suara di SMA Negeri 2 Bandar Lampung terdiri dari 3 pokok kegiatan yakni pembukaan, inti, dan penilaian pembelajaran. Pada tahap pembukaan kegiatan yang dilakukan adalah pengecekan kehadiran, apersepsi, dan menyampaikan tujuan pembelajaran. Pada tahap inti kegiatan yang dilakukan adalah praktek dalam kelompok suara bersama dan pemberian umpan balik. Pada tahap penilaian kegiatan yang dilakukan adalah menentukan jenis suara dan penilaian non-tes. Ekstrakulikuler paduan suara di SMA Negeri 2 Bandar Lampung melaksanakan strategi pembelajaran berupa strategi pembelajaran tak langsung (inkuiri) dan strategi pembelajaran mandiri. Kata kunci : Ekstrakurikuler, Paduan suara, Strategi pembelajaran. This study aims to determine the stages of extracurricular choir learning at SMA Negeri 2 Bandar Lampung and to determine the extracurricular choir learning strategy at SMA Negeri 2 Bandar Lampung. The data analysis process in this study was performed by reducing the data, presenting it, drawing conclusions, and testing the validity of the data. Data for this study were obtained through data collection techniques such as interviews, observations, and documentation. Meanwhile, the results of this study show that the learning stages practiced in extracurricular choirs at SMA Negeri 2 Bandar Lampung are divided into 3 main activities, namely opening, core, and learning assessment. In the opening stage the activities carried out are checking attendance, apperception, and conveying learning objectives. In the core stage the activities carried out are practice in voice groups together and giving feedback. In the assessment stage, the activities carried out are determining the type of voice and non-test assessment. Choir extracurricular activities at SMA Negeri 2 Bandar Lampung implement learning strategies in the form of indirect learning strategies (inquiry) and independent learning strategies. Keywords: Choir, Extracurricular, Learning strategy PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - STRATEGI PEMBELAJARAN PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PADUAN SUARA DI SMA NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG AV - restricted ER -