@misc{eprints75704, month = {Agustus}, title = {PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS MASALAH LIMBAH CAIR PEMBERSIH LANTAI }, author = {1713023020 MELIANA}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2023}, url = {http://digilib.unila.ac.id/75704/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD berbasis masalah limbah cair pembersih lantai, mendeskripsikan karakteristik, validitas dan tangga- pan guru dan siswa terhadap e-LKPD yang dikembangkan. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan mengikuti langkah-langkah model 4D yang dikemukakan oleh Thiagarajan. Penelitian ini dilakukan sampai pada tahap ketiga dari empat tahapan, yaitu define, design, dan develop. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara guru, angket analisis peserta didik, angket validasi ahli dan angket tanggapan guru. Sumber data pada tahap define adalah peserta didik kelas XI IPA dari tiga sekolah berbeda dan tiga guru dari tiga sekolah berbeda. Sumber data pada tahap develop adalah peserta didik kelas XI IPA dari tiga sekolah berbeda, empat guru dari tiga sekolah berbeda, dan tiga validator ahli. Data diperoleh dari validator, guru, dan peserta didik yang kemudian dianalisis menggunakan metode analisis statistik deskriptif. Karakteristik e-LKPD yang dikembangkan mengikuti alur pembelajaran berbasis masalah menurut Arend (2008), yaitu dimulai dengan orientasi siswa pada masalah, mengorganisasi siswa untuk belajar, membantu penyelidikan mandiri dan kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, serta analisis dan evaluasi proses pemecahan masalah. Tahapan pembelajaran pada e- LKPD berorientasi pada keterampilan pemecahan masalah siswa yang dilatih menggunakan pembelajaran berbasis masalah limbah cair pembersih lantai. Hasil validasi dan tanggapan guru pada aspek isi, aspek konstruksi, dan aspek kemenarikan memiliki kategori sangat tinggi. Dengan demikian, e-LKPD pembelajaran berbasis masalah limbah cair pembersih lantai yang dikembangkan dapat dikatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci : e-LKPD, problem based learning, limbah cair pembersih lantai } }