TY - GEN ID - eprints75805 UR - http://digilib.unila.ac.id/75805/ A1 - CHINTIYA, ANGGRAINI PUTRI Y1 - 2023/08/08/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur Billing Service tunai yang ada pada PT. Astra Internasional Tbk-Auto 2000 Way Halim, yang merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh Divisi Administrasi Body & Paint dalam pembuatan surat tagihan untuk membantu berjalannya proses Billing Service. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi partisipatif dan dokumentasi. Hasil penelitian prosedur Billing Service di PT. Astra Internasional Tbk-Auto 2000 Way Halim memiliki prosedur supaya mempermudah dan mempercepat dalam pembuatan surat tagihan Service. Billing Service PT. Astra Internasional Tbk-Auto 2000 yaitu mulai dari menerima dan mencatat keluhan kendaaraan yang akan diperbaiki, menerima dokumen berupa Perintah kerja bengkel, create order pekerjaan luar, pencetakan faktur service dan pencetakan kuitansi service yang dilakukan menggunakan sistem Toyota Dealer Management System. Hasil dari penelitian ini adalah prosedur Billing Service PT. Astra Internasional Tbk-Auto 2000 Way Halim sesuai dengan Standar Operational Prosedure (SOP) prosedur Billing Service Tunai dalam memenuhi kebutuhan perusahaan. Kata kunci : Billing Service, Body & Paint, system. This study aims to determine the cash billing service procedures that exist at PT. Astra International Tbk-Auto 2000 Way Halim, which is an activity carried out by the Body & Paint Administration Division in making invoices to help the Billing Service process run. The method used in this study is a qualitative method with data collection techniques in research using participatory observation and documentation. The results of the Billing Service procedure research at PT. Astra Internasional Tbk-Auto 2000 Way Halim has a procedure to simplify and speed up the making of service invoices. Billing Services PT. Astra International Tbk-Auto 2000, starting from receiving and recording vehicle complaints to be repaired, receiving documents in the form of workshop work orders, creating external work orders, printing service invoices and printing service receipts which are carried out using the Toyota Dealer Management System. The result of this research is the Billing Service procedure of PT. Astra Internasional Tbk-Auto 2000 Way Halim complies with the Standard Operational Procedure (SOP) for the Cash Billing Service procedure in meeting company needs. Keywords: Billing Service, Body & Paint, system. PB - FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK TI - Prosedur Billing Service Tunai Pada Divisi Body & Paint PT. Astra Internasional Tbk-Auto 2000 Way Halim AV - restricted ER -