TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints7582 UR - http://digilib.unila.ac.id/7582/ A1 - Rizki Fajar Abidin, 1013032055 Y1 - 2015/02/10/ N2 - ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral Siswa yang bertujuan membentuk karakter siswa dalam perspektif kehidupan masyarakat yang berakhlak mulia dalam kehidupan secara Global serta dapat menciptakan peradaban yang sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif, penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan responden 3 orang Guru Pendidikan Kewarganegaraan. Instrumen penelitian diuji dengan tekhnik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukan indikator mendidik sebesar 52,8% berperan bagi seorang guru dalam mendidik siswa/i, indikator mengawasi sebesar 59,4% menyatakan adanya pengaruh yang berperan terhadap perubahan moral siswa, indikator memberikan contoh yang baik sebesar 56,1% berpengaruh cukup berperan dalam menanamkan nilai moral dengan cara memberikan contoh teladan yang baik dan memudahkan siswa/i untuk melakukan perubahan menjadi lebih baik dengan seorang guru sebagai contohnya. Dapat disimpulkan bahwa Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral Di SMP Negeri 18 Bandar Lampung sangat berperan penting dalam menciptakan siswa/i yang berakhlak mulia serta dapat menciptakan peradaban yang sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat. Kata Kunci : Peran Guru, Pendidikan Kewarganegaraan, Kecerdasan Moral PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN MORAL SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 18 BANDAR LAMPUNG AV - restricted ER -