title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS POWTOON DENGAN PENDEKATAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR creator: CORNELLIA , CHRISTIN ADIATI subject: 370 Pendidikan description: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (a) potensi dan kondisi pengembangan Media pembelajaran video animasi berbasis powtoon pada mata pelajaran IPA kelas V, (b) proses pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis powtoon, (c) karakteristik produk media pembelajaran video animasi berbasis powtoon, dan (d) efektifitas media pembelajaran video animasi berbasis powtoon mata pelajaran Ilmu Pengethauan Alam (IPA) Materi organ pernapasan manusia Kelas V diUPT SDN 2 Bumiratu. Desain penelitian pengembangan mengacu pada Borg and Gall yang dilakukan sampai pada tahap ke-7. Subjek penelitian adalah siswa kelas V UPT SDN 2 Bumiratu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan test. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa : (1) potensi dan kondisi di UPT SDN 2 Bumiratu mendukung dan memungkinkan untuk dilakukan pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis powtoon,(2) produk yang divalidasi memenuhi validitas tinggi, (3) karakteristik dari media ini dapat digunakan secara online, semua bahan dan sumber belajar telah disusun sistematis sesuai indikator dan tujuan pembelajaran pada KD metabolisme, terdapat video praktikum dan video animasi, serta berbasis hypermedia, (4) media ini efektifuntuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa pada materi organ pernapasan manusia. Hasil dari uji efektifitas pembelajaran yaitu siswa yang telah mencapai Kriteria Kelulusan Minimal (KKM) lebih dari 75% yaitu 90,48% dengan rata-rata nilai 85,68 dalam kategori sangat tinggi dan hasil analisis menggunakan N-Gain menghasilkan nilai rata-rata 0,70% kedalam kategori cukup efektif. Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Powtoon, Video animasi. This study aims to analyze: (a) the potential and conditions for the development of powtoon-based animated video learning media in science subjects class V, (b) the process of developing powtoon-based animated video learning media, (c) product characteristics of powtoon-based animated video learning media, and (d) the effectiveness of powtoon-based animated video learning media for Natural Science (IPA) Materials for Class V human respiratory organs at UPT SDN 2 Bumiratu. The development research design refers to Borg and Gall which is carried out up to the 7th stage. The research subjects were fifth grade students of UPT SDN 2 Bumiratu. Data collection techniques using observation, questionnaires and tests. The data analysis technique uses a quantitative descriptive technique. The results of this research and development indicate that: (1) the potential and conditions at UPT SDN 2 Bumiratu support and allow for the development of powtoon-based video animation learning media, (2) the validated product meets high validity, (3) the characteristics of this media can be used online, all materials and learning resources have been systematically arranged according to the indicators and learning objectives in KD metabolism, there are practicum videos and animation videos, as well as hypermedia-based, (4) this media is effective for improving student biology learning outcomes in the subject of human respiratory organs. The results of the learning effectiveness test are students who have achieved the Minimum Passing Criteria (KKM) of more than 75%, namely 90.48% with an average score of 85.68 in the very high category and the results of the analysis using N-Gain produce an average value of 0.70% into the quite effective category. Keywords: Learning Outcomes, Science, Powtoon, Animated video date: 2023-08-04 type: Tesis type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/75824/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/75824/2/TESIS%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/75824/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: CORNELLIA , CHRISTIN ADIATI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS POWTOON DENGAN PENDEKATAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/75824/