%0 Generic %9 Other %A Jurus Setiawan, 0713053034 %C Universitas Lampung %D 2014 %F eprints:7583 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENERAPAN MODEL PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VB SD NEGERI 6 METRO BARAT %U http://digilib.unila.ac.id/7583/ %X ABSTRAK PENERAPAN MODEL PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VB SD NEGERI 6 METRO BARAT Oleh JURUS SETIAWAN Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VB SD Negeri 6 Metro Barat yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan keterampilan membaca pemahaman siswa dengan menerapkan model PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (clasroom action reaserch) dengan siklus berdaur ulang yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan tes pada setiap siklus. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PAIKEM dapat meningkatkan aktivitas dan keterampilan siswa dalam pembelajaran membaca pemahaman. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 66,67, siklus II sebesar 71,43, dan siklus III sebesar 83,33. Dengan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 0,07% dan siklus II ke siklus III sebesar 0,17%. Demikian pula dengan nilai rata-rata keterampilan membaca pemahaman siswa pada siklus I sebesar 63,56, siklus II sebesar 70,30, dan siklus III sebesar 77,21. Dengan peningkatan dari siklus I ke silklus II sebesar 0,11%, sedangkan dari siklus II ke siklus III sebesar 0,10%. Kata kunci: aktivitas, keterampilan membaca pemahaman, PAIKEM