%A Aulia Zahwa Dinda %T PERANCANGAN DAN SIMULASI SISTEM KENDALI ADAPTIVE PID PADA MOTOR BRUSHLESS DIRECT CURRENT (BLDC) MENGGUNAKAN METODE MODEL REFERENCE ADAPTIVE CONTROLLER (MRAC) %X Motor BLDC merupakan salah satu jenis motor listrik arus searah yang dirancang tanpa menggunakan sikat dan sudah banyak digunakan di industri, seperti industri otomotif, konsumsi, kesehatan, otomasi industri dan instrumentasi. Maka dari itu kinerja dari motor ini harus baik. Untuk memastikan motor BLDC tetap dalam keadaan yang baik diperlukan sistem rekayasa kendali sebagai pengontrol sistem. Salah satu sistem kendali yang telah diaplikasikan yaitu sistem kendali kecepatan motor dengan kendali Proportional Integral Derivative (PID) tunggal. Penelitian ini merancang sebuah sistem kendali PID untuk mengendalikan kestabilan motor BLDC yang bersifat adaptif. Metode yang digunakan Model Reference Adaptive Controller (MRAC) dengan 4 kondisi pengujian yang berbeda, dan didapatkan nilai parameter-parameter Kp = 0,4 ; Ki=50,75 ; Kd=0,0000867. Penelitian ini menggunakan MATLAB R2017a. Perancangan sistem telah berhasil memberikan peningkatan efisiensi berkisar antara 4,2% hingga 21,9% dari 4 kondisi pengujian. Saat sistem dalam keaadaan stabil memberikan tingkat keberhasilan sistem 98,9% dengan error 1,1%. Perubahan set point pada sistem menghasilkan tingkat keberhasilan sistem 98,85% dengan error sebesar 1,15%. Pembebanan yang diberikan pada sistem menghasilkan tingkat keberhasilan sistem 81,2% dengan error sebesar 18,8%. Gangguan yang terjadi pada sistem memberikan tingkat keberhasilan sistem 96,5% dengan error sebesar 3,5%. %D 2023 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %R 1915031031 %I FAKULTAS TEKNIK %L eprints75837