?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENERAPAN+METODE+BERMAIN+PERAN+UNTUK%0D%0AMENINGKATKAN+PRESTASI+BELAJAR+IPS%0D%0ASISWA+KELAS+IV+SDN+04+UJUNG+GUNUNG+ILIR%0D%0AKECAMATAN+MENGGALA+TAHUN+PELAJARAN+2010%2F2011&rft.creator=+%2C+RINAWATI&rft.subject=BF+Psychology&rft.subject=L+Education+(General)+%3D+Pendidikan+&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.description=Kurangnya+minat+belajar+dan+rendahnya+partisipasi+anak+dalam+kegiatan+pembelajaran+atau+kurangnya+keterlibatan+anak+dalam+proses+pembelajaran+IPS%2C+berdampak+pada+hasil+penilaian+yang+rendah+dari+KKM+yang+ditetapkan+60+hanya+50%25+saja+siswa+yang+mencapai+nilai+tersebut.%0D%0ATujuan+penelitian+adalah+meningkatkan+motivasi+dan+keterlibatan+siswa+dalam+belajar+untuk+meningkatkan+prestasi+belajar+IPS+siswa+kelas+IV+SDN+04+Ujung+Gunung+Ilir+dengan+menerapkan+metode+bermain+peran.%0D%0APenelitian+yang+dilaksanakan+ini+menggunakan+metode+Penelitian+Tindakan+Kelas+atau+dengan+istilah+lain+(Classroom+Action+Research).+Penelitian+tindakan+kelas+ini+dilakukan+dengan+dua+siklus%2C+setiap+siklus+terdapat+tiga+kegiatan+pokok+yakni+perencanaan%2C+pelaksanaan%2C+observasi+dan+refleksi%2C+langkah+ini+dilakukan+untuk+mengatasi+kelemahan+kelemahan+yang+terjadi+pada+siklus+I+diperbaiki+pada+siklus+berikutnya.%0D%0APenelitian+menunjukkan+hasil+bahwa+penerapan+metode+bermain+peran+dapat+meningkatkan+prestasi+belajar+IPS+siswa+kelas+IV+SDN+04+Ujung+Gunung+Ilir.+Hal+ini+ditunjukkan+dengan+adanya+peningkatan+aktivitas+belajar+siswa+dari+rata-rata+53%25+%3D+C+(cukup)+menjadi+69%25+%3D+A+(aktif)+dan+prestasi+belajar%2C+dari+17+orang+siswa+atau+56%25+yang+mencapai+nilai+KKM+menjadi+27+orang+siswa+90%25+pada+siklus+II%0D%0AKesimpulannya+adalah+metode+bermain+peran+dapat+meningkatkan+motivasi+anak+dalam+belajar%2C+dapat+memudahkan+pemahaman+terhadap+konsep+atau+materi+pelajaran+dan+dapat+meningkatkan+aktivitas+serta+prestasi+belajar+siswa.%0D%0AKata+kunci+%3A+Bermain+peran%2C+prestasi+dan+IPS&rft.publisher=Fakultas+KIP&rft.date=2011-09-23&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F759%2F1%2FCover.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F759%2F2%2FAbstrak.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F759%2F3%2FMneyetujui.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F759%2F4%2FPENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F759%2F5%2FPERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F759%2F6%2FDaftar%2520Isi.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F759%2F8%2FBAB%2520I%2520E-TA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F759%2F7%2FBAB%2520%2520II%2520%2520E-TA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F759%2F13%2FBAB%2520III%2520%2520E-TA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F759%2F9%2FBAB%2520IV%2520%2520E-TA%2520-%2520Copy.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F759%2F11%2FBAB%2520V%2520%2520E-TA.pdf&rft.format=archive&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F759%2F12%2Flain-lain.zip&rft.identifier=+++%2C+RINAWATI++(2011)+PENERAPAN+METODE+BERMAIN+PERAN+UNTUK+MENINGKATKAN+PRESTASI+BELAJAR+IPS+SISWA+KELAS+IV+SDN+04+UJUNG+GUNUNG+ILIR+KECAMATAN+MENGGALA+TAHUN+PELAJARAN+2010%2F2011.++Fakultas+KIP%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F759%2F