TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints759 UR - http://digilib.unila.ac.id/759/ A1 - , RINAWATI Y1 - 2011/09/23/ N2 - Kurangnya minat belajar dan rendahnya partisipasi anak dalam kegiatan pembelajaran atau kurangnya keterlibatan anak dalam proses pembelajaran IPS, berdampak pada hasil penilaian yang rendah dari KKM yang ditetapkan 60 hanya 50% saja siswa yang mencapai nilai tersebut. Tujuan penelitian adalah meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam belajar untuk meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SDN 04 Ujung Gunung Ilir dengan menerapkan metode bermain peran. Penelitian yang dilaksanakan ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas atau dengan istilah lain (Classroom Action Research). Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus, setiap siklus terdapat tiga kegiatan pokok yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, langkah ini dilakukan untuk mengatasi kelemahan kelemahan yang terjadi pada siklus I diperbaiki pada siklus berikutnya. Penelitian menunjukkan hasil bahwa penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SDN 04 Ujung Gunung Ilir. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari rata-rata 53% = C (cukup) menjadi 69% = A (aktif) dan prestasi belajar, dari 17 orang siswa atau 56% yang mencapai nilai KKM menjadi 27 orang siswa 90% pada siklus II Kesimpulannya adalah metode bermain peran dapat meningkatkan motivasi anak dalam belajar, dapat memudahkan pemahaman terhadap konsep atau materi pelajaran dan dapat meningkatkan aktivitas serta prestasi belajar siswa. Kata kunci : Bermain peran, prestasi dan IPS PB - Fakultas KIP TI - PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 04 UJUNG GUNUNG ILIR KECAMATAN MENGGALA TAHUN PELAJARAN 2010/2011 AV - restricted ER -