@misc{eprints75903, month = {Agustus}, title = {PENGARUH REPUTASI PERUSAHAAN DAN KOMPENSASI TERHADAP INTENSI MELAMAR KERJA PADA GENERASI Z (Studi Kasus Pada Fresh Graduate Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Lampung)}, author = {MUTIARA PUTRI PRAGITA }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG }, publisher = {FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK}, year = {2023}, url = {http://digilib.unila.ac.id/75903/}, abstract = {Suatu perusahaan dalam mencapai tujuan bisnisnya harus memiliki sumber daya yang baik dan kompeten dalam bidangnya. Salah satu faktor terpenting dalam suatu sumber daya terletak pada proses rekruitmen dengan mengetahui minat melamar kerja calon karyawan yang dalam penelitian ini adalah generasi Z. Generasi Z merupakan generasi baru yang muncul ditempat kerja sehingga terdapat perbedaan dengan generasi sebelumnya dalam hal yang harus terpenuhi untuk mereka kerja. Generasi Z memperhatikan banyak faktor, diantaranya adalah reputasi perusahaan dan kompensasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh reputasi perusahaan dan kompensasi terhadap intensi melamar kerja pada fresh graduate Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Lampung. Terdapat dua variabel bebas yang digunakan pada penelitian ini yaitu Reputasi Perusahaan (X{$_1$}) dan Kompensasi (X{$_2$}) serta satu variabel terikat yaitu Intensi Melamar Kerja (Y). Jenis penelitian yang digunakan yaitu explanatory research dengan paradigma kuantitatif. Populasi pada penelitian ini merupakan fresh graduate Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Lampung. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner melalui direct message Instagram dan WhatsApp dengan menggunakan skala likert. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan 111 responden. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS for windows ver 25. Hasil penelitian menjelaskan reputasi perusahaan dan kompensasi berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap intensi melamar kerja. Saran dari hasil penelitian yang didapatkan, perlu adanya pengembangan lebih lanjut untuk variabel visi dan kepemimpinan dan kinerja keuangan terhadap intensi melamar kerja. Kata Kunci: Reputasi Perusahaan, Kompensasi, Intensi Melamar Kerja, Generasi Z} }