@misc{eprints75920, month = {Agustus}, title = {EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DISCOVERY BERBANTUAN SIMULASI MOLEKUL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERPRETASI MAKNA REPRESENTASI KIMIA PADA MATERI STOIKIOMETRI}, author = {Devi Wulandari}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG }, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2023}, url = {http://digilib.unila.ac.id/75920/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran discovery berbantuan simulasi molekul dalam meningkatkan kemampuan interpretasi makna representasi kimia siswa pada materi stoikiometri dan mendeskripsikan profil kemampuan interpretasi makna representasi kimia setelah perlakuan. Metode dalam penelitian menggunakan desain penelitian The Matching Only Pretest-Postest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA di SMA N 2 Metro Tahun Pelajaran 2022/2023. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain bernilai 0,78 atau berkriteria tinggi di kelas eksperimen. Profil kemampuan interpretasi makna representasi kimia siswa setelah perlakuan menunjukkan sebesar 52\% pada kategori sangat baik, 45\% baik dan 3\% cukup. Hasil uji t menunjukkan nilai rata-rata n-gain kemampuan interpretasi makna representasi kimia siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai rata-rata n-gain kemampuan interpretasi makna representasi kimia siswa di kelas kontrol pada materi stoikiometri. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery berbantuan simulasi molekul efektif dalam meningkatkan kemampuan interpretasi makna representasi kimia pada materi stoikiometri} }