TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints75953 UR - http://digilib.unila.ac.id/75953/ A1 - Rizky Fadila, Fitriani Y1 - 2023/08/24/ N2 - Permasalahan penelitian ini adalah penggunaan metode pembelajaran yang kurang melatih kemampuan motorik halus peserta didik sehingga dalam proses pembelajaran kurang aktivitas praktik yang dapat meningkatkan motorik halus peserta didik di SD Negeri 1 Simbarwaringin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan efek media kolase berbasis metode Montessori terhadap peningkatan motorik halus peserta didik. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen Design. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling jenis sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes dan non tes. Hasil teknik analisis data menggunakan rumus Uji Paired Samples T-Test dengan software IMB SPSS for Windows sehingga diperoleh hasil nilai Sig. sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa media kolase berbasis metode Montessori berpengaruh signifikan terhadap peningkatan motorik halus peserta didik kelas I SD Negeri 1 Simbarwaringin. Pada uji lanjutan, peneliti menggunakan uji effect size pada kelompok eksperimen diperoleh hasil sebesar 3,731 dengan kriteria interpretasi nilai Cohen?s d tinggi/besar. Sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh hasil sebesar 0,509 dengan kriteria interpretasi nilai Cohen?s d sedang. Maka dapat disimpulkan bahwa media kolase berbasis metode Montessori memberikan efek yang signifikan dibandingkan media kolase berbasis metode ceramah. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - Pengaruh Media Kolase Berbasis Metode Montessori Terhadap Peningkatan Motorik Halus Peserta Didik di Kelas I SD Negeri 1 Simbarwaringin AV - restricted ER -