TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints75957 UR - http://digilib.unila.ac.id/75957/ A1 - ZULFA , NISRINA DEWI Y1 - 2023/08/04/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD berbasis proyek pemanfaatan limbah cair tahu yang berorientasi pada kemampuan berpikir kritis peserta didik, mendeskripsikan karakteristik, validitas dan tanggapan guru & siswa terhadap e-LKPD yang dikembangkan. Desain penelitian digunakan adalah penelitian pengembangan menurut Thiagarajan sampai pada tahap ketiga dari total empat tahap, yaitu pendefinisian, perancangan dan pengembangan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara guru, angket analisis siswa, angket validasi ahli dan angket tanggapan guru. Sumber data diperoleh dari peserta didik kelas XI dan guru kimia dari tiga sekolah di kabu-paten berbeda, serta tiga validator ahli. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode analisis statistik deskriptif. Karakteristik e-LKPD yang dikembangkan mengikuti tahapan pembelajaran berbasis proyek (PBP) yaitu tahapan pendahuluan, orientation, identifying and defining a project, implementing a project, dan documenting and reporting project findings. Tahapan pembelajaran pada e-LKPD berorientasi pada keterampilan berpikir kritis siswa yang dilatih menggunakan pembelajaran berbasis proyek pemanfaatan limbah cair tahu. Hasil validasi dan tanggapan guru pada aspek isi, aspek konstruksi, dan aspek kemenarikan memiliki kategori sangat tinggi. Dengan demikian, e-LKPD pembe-lajaran berbasis proyek pemanfaatan limbah cair tahu berorientasi pada kete-rampilan berpikir kritis siswa dikembangkan dapat dikatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci : e-LKPD, project based learning, berpikir kritis, limbah cair tahu PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS PROYEK PEMANFAATAN LIMBAH CAIR TAHU BERORIENTASI PADA KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA AV - restricted ER -