@misc{eprints75983, month = {Juli}, title = {PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS VIII SMP N 19 KOTA SERANG }, author = {Fadlanul Khamdani Tomi}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2023}, url = {http://digilib.unila.ac.id/75983/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Discovery Learning terhadap kemampuan Higher Order Thinking Skills (HOTS) peserta didik dalam materi sistem pernapasan kelas VIII di SMP N 19 Kota Serang. Penelitian ini menggunakan desain Pretest-Posttest kelompok non ekuivalen. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VIII D dan VIII E yang berjumlah 60 dipilih melalui cluster ramdom sampling. Data pada penelitian ini berupa nilai pretest, posttest, dan N-Gain sebagai hasil nilai kemampuan Higher Order Thinking Skills peserta didik dianalisis menggunakan Uji U Mann Whitney. Angket tanggapan peserta didik dianalisis dengan presentase. Hasil penelitian menunjukan HOTS peserta didik berkategori sedang dengan N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0.60 {$\pm$} 0.28 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0.29 {$\pm$} 0.33. analisis Uji Mann Whitney menunjukan bahwa Model Discovery Learning berpengaruh signifikan terhadap peningkatan HOTS peserta didik.} }