title: PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS VIII SMP N 19 KOTA SERANG creator: Tomi, Fadlanul Khamdani subject: 370 Pendidikan subject: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika subject: 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam subject: 570 Biologi description: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Discovery Learning terhadap kemampuan Higher Order Thinking Skills (HOTS) peserta didik dalam materi sistem pernapasan kelas VIII di SMP N 19 Kota Serang. Penelitian ini menggunakan desain Pretest-Posttest kelompok non ekuivalen. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VIII D dan VIII E yang berjumlah 60 dipilih melalui cluster ramdom sampling. Data pada penelitian ini berupa nilai pretest, posttest, dan N-Gain sebagai hasil nilai kemampuan Higher Order Thinking Skills peserta didik dianalisis menggunakan Uji U Mann Whitney. Angket tanggapan peserta didik dianalisis dengan presentase. Hasil penelitian menunjukan HOTS peserta didik berkategori sedang dengan N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0.60 ± 0.28 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0.29 ± 0.33. analisis Uji Mann Whitney menunjukan bahwa Model Discovery Learning berpengaruh signifikan terhadap peningkatan HOTS peserta didik. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2023-07-24 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/75983/1/Absrtak.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/75983/2/Skripsi%20full%20dan%20pembahasan.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/75983/3/Skripsi%20full%20tanpa%20pembahasan.pdf identifier: Tomi, Fadlanul Khamdani (2023) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS VIII SMP N 19 KOTA SERANG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/75983/