%0 Generic %A Tomi, Fadlanul Khamdani %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %F eprints:75983 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS VIII SMP N 19 KOTA SERANG %U http://digilib.unila.ac.id/75983/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Discovery Learning terhadap kemampuan Higher Order Thinking Skills (HOTS) peserta didik dalam materi sistem pernapasan kelas VIII di SMP N 19 Kota Serang. Penelitian ini menggunakan desain Pretest-Posttest kelompok non ekuivalen. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VIII D dan VIII E yang berjumlah 60 dipilih melalui cluster ramdom sampling. Data pada penelitian ini berupa nilai pretest, posttest, dan N-Gain sebagai hasil nilai kemampuan Higher Order Thinking Skills peserta didik dianalisis menggunakan Uji U Mann Whitney. Angket tanggapan peserta didik dianalisis dengan presentase. Hasil penelitian menunjukan HOTS peserta didik berkategori sedang dengan N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0.60 ± 0.28 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0.29 ± 0.33. analisis Uji Mann Whitney menunjukan bahwa Model Discovery Learning berpengaruh signifikan terhadap peningkatan HOTS peserta didik.