TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints76014 UR - http://digilib.unila.ac.id/76014/ A1 - AYU , LINTRI SHINTA Y1 - 2023/09/08/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Project Based Learning terhadap kepekaan sosial peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Tebing Tinggi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan metode kuasi eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan angket peserta didik peer-asssesment dengan jumlah sampel 64 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yakni dengan menggunakan teknik observasi dan angket peserta didik yang berupa penilaian antar teman. Teknik analisis data dengan menggunakan Uji Independen Sample tTest bantuan SPSS versi 25. Pada hasil observasi kelas eksperimen diperoleh persentase sebesar 87,21% dan termasuk dalam kriteria sangat baik dan hasil observasi pada kelas kontrol diperoleh persentase sebesar 69,5% dan termasuk dalam kriteria baik. Kemudian pada angket peserta didik peer-assessment kelas eksperimen mendapatkan nilai 88,3% berkategori sangat baik dan di kelas kontrol mendapatkan nilai 78% termasuk dalam kategori baik. Kata Kunci: Project Based Learning, Kepekaan Sosial PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH METODE PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEPEKAAN SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 4 TEBING TINGGI AV - restricted ER -