%0 Generic %A Erika Suci, Amalia %C Lampung %D 2023 %F eprints:76027 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OBAK (OBSERVASI, BERPIKIR ANALISIS, DAN KOMUNIKASI) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN %U http://digilib.unila.ac.id/76027/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran OBAK (Observasi, Berpikir Analisis, dan Komunikasi) terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pencemaran lingkungan. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII di SMPN 19 Pesawaran. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling dengan kelas VII B (30 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C (29 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi experimen dengan bentuk desain Pretest-Posttest non-equivalent control grup design. Jenis data dalam penelitian berupa data kuantitatif, yaitu data hasil keterampilan berpikir kritis dari pretest, posttest, dan N-gain serta angket tanggapan peserta didik terhadap penerapan model OBAK. Data rata-rata nilai pretest, posttest, dan n-gain sebagai hasil peningkatan keterampilan berpikir kritis kemudian dianalisis dengan uji Independent Sample t-test (α=0,05) didapatkan nilai (Sig.0,00 < 0,05) serta hasil uji effect size sebesar 0,98 dengan kriteria besar. Kemudian, hasil analisis angket tanggapan peserta didik terhadap penerapan model OBAK memiliki persentase 85,14% dengan kategori sangat tinggi. Hal tersebut menunjukkan model OBAK mendapatkan respon positif dari peserta didik. Dengan demikian, hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran OBAK (Observasi, Berpikir Analisis, dan Komunikasi) terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pencemaran lingkungan. Kata Kunci: model pembelajaran OBAK, observasi, berpikir analisis, komunikasi, berpikir kritis, dan pencemaran lingkungan