%A SANTIKA HANI %T PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP NIAT MENGGUNAKAN UANG ELEKTRONIK SHOPEEPAY DENGAN SIKAP PENGGUNAAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DI BANDAR LAMPUNG %X Perkembangan teknologi telah membawa perubahan kebutuhan masyarakat akan alat pembayaran yang dapat memenuhi kecepatan, ketepatan, dan keamanan dalam pembayaran yang terus mengalami perubahan bentuk mulai dari bentuk logam, uang kertas konvensional berupa data yang dapat ditempatkan dalam wadah atau disebut alat pembayaran elektronik. Uang elektronik Shopeepay merupakan salah satu bentuk e-money yang mudah digunakan dan banyak digunakan masyarakat sebagai alat pembayaran untuk memenuhi kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh terhadap niat menggunakan, persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh terhadap sikap penggunaan, sikap penggunaan berpengaruh terhadap niat menggunakan, dan persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh terhadap niat menggunakan melalui sikap penggunaan sebagai variabel mediasi. Sampel penelitian ini adalah pengguna atau konsumen uang elektronik Shopeepay di Bandar Lampung. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode purpose sampling dalam menentukan sampel yang berdasarkan beberapa kriteria tertentu. Kuesioner disebarkan secara online melalui google form kepada 120 responden. Penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan uji koefisien outer model dan inner model. Hasil penelitian menunjukan semua hipotesis diterima, yaitu persepsi kemudahan penggunaan, niat menggunakan, dan sikap penggunaan berpengaruh secara positif dan signifikan pada uang elektronik Shopeepay di Bandar Lampung. Kata Kunci : Persepsi Kemudahan, Sikap, Niat Menggunakan Technological developments have brought changes in people's needs for payment instruments that can meet speed, accuracy, and security in payments which continue to change forms, starting from metal forms, conventional banknotes in the form of data that can be placed in containers or are called electronic payment instruments. ShopeePay electronic money is a form of e-money that is easy to use and widely used by the public as a means of payment to meet their needs. This study aims to determine the perceived ease of use influences the intention to use, the perceived ease of use influences the attitude of use, the attitude of use influences the intention to use, and the perceived ease of use influences the intention to use through the attitude of use as a mediating variable. The sample of this research is ShopeePay electronic money users or consumers in Bandar Lampung. This type of research is a quantitative research. This study used purposive sampling method in determining the sample based on certain criteria. Questionnaires were distributed online via google form to 120 respondents. This study uses Partial Least Square (PLS) with outer model and inner model coefficient tests. The results showed that all hypotheses were accepted, namely perceived ease of use, intention to use, and attitude to use had a positive and significant effect on ShopeePay electronic money in Bandar Lampung. Keywords : Perceived Ease, Attitude, Intention to Use %D 2023 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %R 19511011014 %I EKONOMI DAN BISNIS %L eprints76044