TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints76052 UR - http://digilib.unila.ac.id/76052/ A1 - ACHMAD SATRIO , FAJAR Y1 - 2023/08/15/ N2 - Guru dan sekolah sulit untuk menyesuaikan dalam proses pembelajaran yang daring, maka diperlukannya pengembangan video pembelajran yang dapat memudahkan proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan sebuah video pembelajaran yang valid dan praktis mengenai komunikasi data, yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa kelas XII di Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 2 Bandarlampung. Subjek penelitian ini terdiri dari 30 orang siswa kelas XII di jurusan tersebut. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (R&D), dengan menggunakan model pengembangan yang diadaptasi sadiman yang meliputi 9 tahapan yaitu indentifikasi kebutuhan, perumusan tujuan, perumusan butir-butir materi, perumusan alat pengukur keberhasilan, penulisan naskah, produksi media, uji coba, revisi, media siap pakai. Penelitian pengembangan ini berhasil menciptakan sebuah produk yang memenuhi standar validitas dan praktis. Video pembelajaran yang telah dikembangkan telah melalui proses validasi dan memenuhi kriteria yang baik serta layak digunakan, dengan rata-rata nilai uji ahli materi sebesar 0,88 dan uji validasi oleh ahli media juga sebesar 0,88, dengan kategori sangat valid. Selain itu, video pembelajaran ini juga meraih hasil yang sangat baik dari uji kepraktisan kepada siswa, dengan persentase rata-rata sebesar 84%. PB - KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATERI KOMUNIKASI DATA DI SMKN 2 BANDAR LAMPUNG AV - restricted ER -