TY - GEN CY - Lampung ID - eprints76056 UR - http://digilib.unila.ac.id/76056/ A1 - Rizka Fathi, Aulia Y1 - 2023/08/29/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model PjBL terhadap kemampuan kolaborasi dan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi bioteknlogi. Penelitian dilaksanakan pada semester genap di SMPN 18 Bandarlampung. Model pembelajaran yang digunakan yaitu model PjBL. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan teknik pretest-posttest control group design. Sehingga diperoleh kelas 9F dengan 28 peserta didik yang dijadikan kelas kontrol untuk metode pembelajaran diskusi, dan kelas 9H dengan 27 peserta didik yang dijadikan kelas eksperimen dengan penggunaan model pembelajaran PjBL. Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis kemampuan kolaborasi pada kelas eksperimen yang menggunakan model PjBL mendapat skor 85,30% dengan kategori sangat baik, sedangkan pada kelas kontrrol mendapat skor 69,88% dengan kategori baik. Hasil nilai pretest-posttest pada kelas eksperimen yang menggunakan model PjBL mendapat skor nilai N-gain sebesar 0,49 kriteria ?sedang? dan diperoleh hasil uji normalitas N-gain pada kelas eksperimen sebesar Sig 0,135 > 0,05 dan pada kelas kontrol sebesar Sig 0,605 > 0,05. Uji homogenitas N-gain sebesar Sig 0,175 > 0,05. Uji hipotesis menggunakan Independent Sample t-test didapatkan nilai Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05, serta hasil uji effect size sebesar 1,76 dengan kriteria ?besar?. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model PjBL terhadap peningkatan kemampuan kolaborasi dan signifikan terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi bioteknologi. Kata kunci: project based learning, kemampuan kolaborasi, hasil belajar kognitif, bioteknologi, jenjang SMP PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOLABORASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI BIOTEKNOLOGI AV - restricted ER -