@misc{eprints76114, month = {Juli}, title = {PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA}, author = {Arif Mustofa FItra}, address = {Lampung}, publisher = {Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2023}, url = {http://digilib.unila.ac.id/76114/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBM terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X SMA N 1 Sumberejo pada materi pokok perubahan lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 1 dan X MIPA 3 dengan jumlah peserta didik masing-masing sebanyak 36 siswa yang diambil dengan teknik random sampling. Sedangkan data kemampuan berpikir kritis diperoleh melalui nilai rata-rata N -gain yang kemudian hasilnya dianalis menggunakan Uji Independent Sample T-test. Data nilai rata-rata N -gain kelas kontrol dan eksperimen sebagai hasil kemampuan berpikir kritis peserta didik dianalisis dengan uji Uji Independent Sample T-test dengan taraf signifikansi {\ensuremath{\alpha}} = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Uji Independent Sample T-test Sig. (2-tailed) 0,012 {\ensuremath{<}} 0,05 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan model PBM terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X MIPA di SMA N 1 Sumberejo, dengan hasil tertinggi didapatkan pada indikator berpikir kritis memberi penjelasan sederhana dengan nilai N-gain 0,46. Kata kunci: PBM, kemampuan berpikir kritis.} }