%0 Generic %9 Other %A Arum Novira Surie, 0743022005 %C Universitas Lampung %D 2015 %F eprints:7618 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T HUBUNGAN PEMBELAJARAN BERBASIS TUGAS TERSTRUKTUR TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DAN MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FISIKA %U http://digilib.unila.ac.id/7618/ %X ABSTRAK Selama ini proses pembelajaran fisika yang dilakukan sering tidak mengajarkan aplikasi fisika serta menggunakan strategi belajar yang tidak berganti-ganti yang menyebabkan minat belajar dan hasil belajar fisika rendah. Padahal guru memberikan tugas untuk memaksa siswa mengulang kembali pelajaran yang telah disampaikan. Berdasarkan hal tersebut, peneliti mencoba melakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh pemberian tugas terstruktur terhadap hasil belajar dan minat belajar siswa pada pembelajaran di kelas. Tujuan penelitian adalah : (1) Mengidentifikasi hubungan pembelajaran berbasis tugas terstruktur terhadap hasil belajar fisika; (2) Mengidentifikasi hubungan pembelajaran berbasis tugas terstruktur terhadap minat belajar siswa dan; Penelitian ini dilakukan di SMA YPPL Panjang Bandar Lampung, menggunakan satu kelas ekperimen (kelas XI IPA 2) dengan jumlah sampel 33 siswa. Pada awal penelitian diberikan soal pretest untuk mengetahui hasil belajar fisika awal dan angket minat belajar untuk mengetahui minat belajar awal siswa. Setelah tiga kali pertemuan tatap muka dengan menggunakan strategi tugas tersrtruktur dan diberikan kembali tugas terstruktur sebagai pekerjaan rumah siswa, kembali diberikan soal posttest dan angket minat belajar untuk mengetahui hasil belajar dan minat belajar akhir. Arum Novira Surie Sehingga diperoleh data nilai tugas terstruktur, N-gain hasil belajar, dan N-gain minat belajar yang kemudian diolah dengan uji korelasi dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan pemberian tugas terstruktur terhadap hasil belajar fisika sebesar 10, 43%, (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan pemberian tugas terstruktur terhadap minat belajar siswa sebesar 1,06 %, dan (3) Ada hubungan yang positif tetapi tidak signifikan antara hasil belajar fisika dengan minat belajar siswa. Kata kunci : tugas terstruktur, hasil belajar, dan minat belajar.