%0 Generic %A Tamiran, RIZAL MUSTADRI %C Universitas Lampung %D 2011 %F eprints:762 %I Fakultas KIP %T PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 02 METRO SELATAN 2010/2011 %U http://digilib.unila.ac.id/762/ %X Berdasarkan observasi dan wawancara dengan guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 02 Metro Selatan, diperoleh data tentang partisipasi siswa dalam proses pembelajaran kurang aktif dan hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika melalui pendekatan CTL. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian berbentuk siklus, setiap siklus terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V berjumlah 37 orang yang terdiri dari 17 orang laki-laki dan 20 orang perempuan. Instrumen pengumpulan data dalam kelas ini berupa lembar obervasi, kuesioner, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Matematika melalui pendekatan CTL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase rata-rata aktivitas belajar siswa siklus I (66,76%), siklus II (77,97%), dan siklus III (85,13%), serta persentase ketuntasan belajar yang meningkat pada siklus 1 (55,14%), siklus II menjadi (68,65%), dan (85,68%) pada akhir siklus III. Kata Kunci : Pendekatan CTL, aktivitas, dan hasil belajar.