?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=1913022055&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=KEPRAKTISAN+DAN+KEEFEKTIFAN+LKPD+BERBASIS+PROJECT+PADA+PEMBELAJARAN+INTERFERENSI+CAHAYA+UNTUK+MELATIHKAN+KETERAMPILAN+PROSES+SAINS+DAN+KETERAMPILAN+KOLABORASI&rft.creator=Olivya%2C+Isabel+Malau&rft.subject=500+ilmu+pengetahuan+alam+dan+matematika&rft.subject=507+Pendidikan%2C+penelitian%2C+topik+terkait+ilmu+pengetahuan+alam&rft.subject=530+Fisika&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+kepraktisan+dan+keefektifan+LKPD+berbasis+project+pada+pembelajaran+interferensi+cahaya+untuk+melatihkan+keterampilan+proses+sains+dan+keterampilan+kolaborasi+peserta+didik.+Sampel+pada+penelitian+ini+adalah+peserta+didik+kelas+XI+IPA+4+dan+XI+IPA+5+SMAN+1+Metro+Tahun+Pelajaran+2022%2F2023.+Desain+yang+digunakan+yaitu+pretest-posttest+control+group+design.+Instrumen+yang+digunakan%2C+yaitu+observasi+keterlaksanaan+pembelajaran%2C+tes+uraian%2C+observasi+KPS%2C+dan+Self+Assessment+Keterampilan+Kolaborasi.+Data+diuji+menggunakan+uji+independent+sample+t-test%2C+effect+size%2C+ANCOVA+dan+uji+N-Gain.+Keterlaksanaan+pembelajaran+dengan+menerapkan+model+PBL+mencapai+89%2C03%25+dengan+kategori+sangat+baik%2C+sedangkan+nilai+keefektifan+pembelajaran+dengan+model+PBL+mendapatkan+rata-rata+persentase+sebesar+72%25+dengan+kategori+sangat+efektif+terlihat+dari+rata-rata+N-Gain+kelas+eksperimen+sebesar+0%2C72+dengan+kategori+tinggi.+Hal+tersebut+menunjukkan+bahwa+keterampilan+proses+sains+pada+kelas+eksperimen+lebih+tinggi+dibandingkan+dengan+kelas+kontrol.+Hal+ini+didukung+hasil+uji+hipotesis+diperoleh+nilai+Sig+(2-+tailed)+sebesar+0.000+dapat+diambil+keputusan+bahwa+terdapat+perbedaan+KPS+yang+menggunakan+LKPD+berbasis+project+dengan+kelas+konvensional+pada+pembelajaran+interferensi+cahaya.+Nilai+Sig+(2-tailed)+uji+hipotesis+keterampilan+kolaborasi+sebesar+0.027+dapat+diambil+keputusan+bahwa+terdapat+perbedaan+keterampilan+kolaborasi+yang+menggunakan+LKPD+berbasis+project+dengan+kelas+kontrol+yang+menggunakan+LKPD+konvensional.+Berdasarkan+hasil+penelitian+dapat+disimpulkan+LKPD+berbasis+project+praktis+dan+efektif+dapat+melatihkan+KPS+dan+keterampilan+kolaborasi+peserta+didik.%0D%0A&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2023-09-07&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F76241%2F1%2F1.%2520ABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F76241%2F2%2F2.%2520SKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F76241%2F3%2F3.%2520SKRIPSI%2520FULL%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++Olivya%2C+Isabel+Malau++(2023)+KEPRAKTISAN+DAN+KEEFEKTIFAN+LKPD+BERBASIS+PROJECT+PADA+PEMBELAJARAN+INTERFERENSI+CAHAYA+UNTUK+MELATIHKAN+KETERAMPILAN+PROSES+SAINS+DAN+KETERAMPILAN+KOLABORASI.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F76241%2F