@misc{eprints76244, month = {Juni}, title = {ANALISIS FORMULASI STRATEGI PEMASARAN DIGITAL USAHA KECIL MENENGAH BENGKEL KINCLONG JAYA}, author = {FRANS KUSUMO PROBOSENO NUGROHO}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK}, year = {2023}, url = {http://digilib.unila.ac.id/76244/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lingkungan internal dan eksternal, serta melihat peluang dan ancaman UKM Bengkel Kinclong Jaya. Jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Analisis data dari penelitian ini menggunakan analisis SWOT pada UKM Bengkel Kinclong Jaya. Hasil kajian menunjukkan bahwa UKM Bengkel Kinclong Jaya memiliki kekuatan dengan sudah memiliki media pemasaran digital dan konten di UKM Bengkel Kinclong Jaya menarik dan mudah dipahami. Dan memiliki kelemahan berupa Bengkel UKM Kinclong Jaya. Tidak memiliki privasi konten, kurang rutin dalam mengunggah konten karena admin media sosial juga admin keuangan. Maka alternatif atau strategi yang tepat dalam pengembangan pemasaran digital pada UKM Bengkel Kinclong Jaya adalah sebaiknya UKM Bengkel Kinclong Jaya rutin membuat konten dan melakukan pemasaran dengan menggunakan jasa affiliate untuk memperluas pasar. Kata Kunci: Analisis SWOT, Pemasaran Digital, UKM ABSTRACT This study aims to analyze the internal and external environment, as well as to see the opportunities and threats to SMEs Bengkel Kinclong Jaya. This type of descriptive research with a qualitative approach with data collection techniques used are interviews. Analysis of the data from this study uses an SWOT analysis of digital marketing strategies at the Kinclong Jaya Workshop UKM. The results of the study show that the Kinclong Jaya Workshop UKM has the power to already have digital marketing media and the content at the Kinclong Jaya Workshop UKM is interesting and easy to understand. And has a weakness in the form of UKM Kinclong Jaya Workshop. It does not have content privacy, it is less routine in uploading content because the social media admin is also a financial admin. So the appropriate alternative or strategy in the development of digital marketing at the Kinclong Jaya Workshop UKM is that it is better for the Kinclong Jaya Workshop UKM to routinely create content and do marketing by using the services of an affiliate to expand the market. Keywords: SWOT Analysis, Digital Marketin, UKM } }