TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints76266 UR - http://digilib.unila.ac.id/76266/ A1 - GHALDA, KHOFIFAH Y1 - 2023/08/04/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran discovery berbantuan simulasi molekul untuk meningkatkan kemampuan interpretasi makna representasi kimia pada materi titrasi asam-basa, serta mendeskripsikan profil kemampuan interpretasi makna representasi kimia pada siswa setelah diberi perlakuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain the matching-only pretest-postest group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa XI IPA SMA Negeri 3 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2022/2023. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji perbedaan dua rata-rata menggunakan independent sample t-test atau uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata n-gain siswa pada kelas eksperimen sebesar 0,54 yang berkategori sedang. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai rata-rata n-gain kemampuan interpretasi makna representasi kimia siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai rata-rata n-gain kemampuan interpretasi makna representasi kimia siswa di kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran discovery berbantuan simulasi molekul efektif untuk meningkatkan kemampuan interpretasi makna representasi kimia siswa. Profil kemampuan interpretasi makna representasi kimia siswa pada kelas yang diterapkan pembelajaran discovery berbantuan simulasi molekul ialah sebesar 17% siswa berkategori kurang, 27% siswa berkategori cukup, 53% siswa berkategori baik, dan 3% siswa berkategori sangat baik. This study aims to describe the effectiveness of molecular simulation assisted by discovery learning to improve the ability to interpret the meaning of chemical representations on acid-base titration, as well as describe the profile of the ability to interpret the meaning of chemical representations in students after being treated. The method used in this research is quasi-experiment with the matching-only pretest-postest group design. The population in this study were all XI IPA students of SMA Negeri 3 Bandarlampung in 2022/2023. The samples in this study were XI IPA 3 class as the control class and XI IPA 4 class as the experimental class. The data analysis technique used was the difference test between two means using independent sample t-test or t-test. The results showed that the average n-gain value of students in the experimental class was 0.54 which was categorized as moderate. The t-test results showed that the average n-gain value of the ability to interpret the meaning of chemical representations of students in the experimental class was higher than the average n-gain value of the ability to interpret the meaning of chemical representations of students in the control class. Based on the results of the study, it can be concluded that discovery learning aided by molecular simulation is effective to improve the ability of students' interpretation of the meaning of chemical representations. The profile of the ability to interpret the meaning of chemical representations of students in the class that applied discovery learning assisted by molecular simulation. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DISCOVERY BERBANTUAN SIMULASI MOLEKUL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERPRETASI MAKNA REPRESENTASI KIMIA PADA MATERI TITRASI ASAM-BASA AV - restricted ER -