%0 Generic %A , Rohela Yanes %C Universitas Lampung %D 2011 %F eprints:763 %I Fakultas KIP %T MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN BILANGAN PECAHAN MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 SUKARAJA TELUK BETUNG SELATAN BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011 %U http://digilib.unila.ac.id/763/ %X Permasalahan yang dibahas dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan bilangan pecahan melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas V SD Negeri 3 Sukaraja Teluk Betung Selatan Bandar Lampung tahun pelajaran 2010/2011. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar matematika pokok bahasan bilangan pecahan melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas V SD Negeri 3 Sukaraja Teluk Betung Selatan Bandar Lampung tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian dilakukan pada siswa kelas V SD Negeri 3 Sukaraja Teluk Betung Selatan Bandar Lampung tahun pelajaran 2010/2011 menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian berjumlah 36 orang siswa yang terdiri dari 24 orang siswa perempuan dan 12 orang siswa laki-laki. Eksperimen dilakukan dengan pendekatan kontekstual menggunakan benda-benda nyata sebegai alat peraga dengan materi bahasan materi-materi tentang pecahan. Data yang diperoleh pada setiap tahapan penelitian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas ini dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar matematika pokok bahasan bilangan pecahan yang signifikan setelah digunakannya pendekatan kontekstual pada siswa kelas V SD Negeri 3 Sukaraja Teluk Betung Selatan Bandar Lampung tahun pelajaran 2010/2011, dilihat dari hasil ulangan pada siklus I, II, dan III yang dilihat dari tercapainya KKM oleh siswa. Secara operasional wujud keberhasilan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah: (1) Siswa dapat menyelesaikan tugas matematika yang diberikan oleh guru. (2) Adanya peningkatan hasil belajar matematika pokok bahasan bilangan pecahan pada siswa. (3) Kegiatan belajar mengajar di kelas menjadi lebih manarik karena siswa tidak mudah jenuh. (4) Siswa dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik di kelas. Saran yang disampaikan dari hasil penelitian ini adalah: (1) Guru hendaknya dapat lebih sering menggunakan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika pada siswa di kelas. (2) Orang tua siswa hendaknya dapat lebih memahami pembelajaran dengan pendekatan kontekstual yang dilakukan guru di sekolah pada anak didiknya. Kata kunci: hasil belajar dan pendekatan kontekstual.