%0 Generic %A FIA , YURISTA %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %F eprints:76364 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OBAK TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM RESPIRASI KELAS XI %U http://digilib.unila.ac.id/76364/ %X Keterampilan literasi digital merupkan salah satu keterampilan yang dibutuhkan abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran OBAK (Observasi, Berfikir analisis, dan Komunikasi) terhadap keterampilan literasi digital peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Punggur. Penelitian ini merupakan penelitian semu (quasi experiment) dengan desain pretest-postest kelompok non-equivalen (non-equivalent group design). Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 62 orang yang terbagi menjadi Kelas XI IPA 1 (32 orang) dan Kelas XI IPA 2 (30 orang) dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Data dalam penelitian ini berupa data kuantitatif berupa data hasil literasi digital dari pre-test, post-test dan nilai ngain. Data kuantitatif tersebut kemudian dianalisis dengan uji Independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran OBAK terhadap kemampuan literasi digital peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Punggur (Sig. 0,001< 0,05). Hal ini menunjukkan model pembelajaran OBAK berpengaruh terhadap kemampuan literasi digital peserta didik, dan juga pada tanggapan pesrta didik diperoleh ratarata 90,81% yang berarti peserta didik tertarik dengan model OBAK dan keterampilan literasi digitalnya meningkat. Kata kunci : Kemampuan Literasi digital, OBAK, materi sistem respirasi