?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENINGKATKAN+MINAT+DAN+HASIL+BELAJAR+IPS+MELALUI+PENDEKATAN+PEMBELAJARAN+BERPASANGAN+PADA%0D%0ASISWA+KELAS+V+SD+NEGERI+2+SUKABUMI+BANDAR%0D%0ALAMPUNG+TAHUN+PELAJARAN+2010%2F2011&rft.creator=+%2C+ROSIDAH+YULIANTI&rft.subject=BF+Psychology&rft.subject=L+Education+(General)+%3D+Pendidikan+&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.description=Masalah+dalam+penelitian+ini+adalah+minat+dan+hasil+belajar+siswa+kelas+V+SDN+2+Sukabumi+Bandar+Lampung+pada+pelajaran+IPS+rendah%2C+tidak+sesuai+dengan+apa+yang+diharapkan.+Sedangkan+rumusan+permasalahannya+adalah+apakah+minat+dan+hasil+belajar+IPS+dapat+ditingkatkan+melalui+pendekatan+pembelajaran+berpasangan+pada+siswa+kelas+V+SDN+2+Sukabumi+Bandar+Lampung+tahun+pelajaran+2010%2F2011.%0D%0ATujuan+penelitian+ini+adalah+untuk+mengetahui+peningkatan+minat+dan+hasil+belajar+IPS+melalui+pendekatan+pembelajaran+berpasangan+pada+siswa+kelas+V+SDN+2+Sukabumi+Bandar+Lampung+tahun+pelajaran+2010%2F2011.%0D%0APenelitian+ini+merupakan+Penelitian+Tindakan+Kelas+(PTK)+dengan+tiga+siklus%3B+yang+masing-masing+siklus+terdiri+dari+tahap-tahap%3B+perencanaan+tindakan%2C+pelaksanaan+tindakan%2C+observasi+dan+refleksi.+Metode+ynag+digunakan+bersifat+deskriptif+dengan+teknik+pengumpulan+data+menggunakan+observasi%2C+wawancara+dan+dokumentasi.%0D%0ASasaran+penelitian+adalah+siswa+kelas+V+SDN+2+Sukabumi+Bandar+Lampung+tahun+pelajaran+2010%2F2011+yang+berjumlah+18+orang+terdiri+dari+9+siswa+laki-laki+dan+9+siswa+perempuan.%0D%0AHasil+penelitian+menunjukan+ada+peningkatan+minat+dan+hasil+belajar+IPS+siswa+melalui+pendekatan+pembelajaran+berpasangan+pada+siswa+kelas+V+SDN+2+Sukabumi+Bandar+Lampung+yang+ditunjukan+data+dari+siklus+I+diperoleh+hasil+sebagai+berikut%3B+siswa+yang+belum+tuntas+3+orang+(16%2C7%25)%2C+dan+15+orang+siswa+(83%2C3%25)+yang+telah+mencapai+ketuntasan+belajar.+Dari+siklus+I+ke+siklus+II+terjadi+peningkatan+hasil+belajar+2%2C78+atau+(5%2C56%25)+dari+18+orang+siswa%2C+pada+tes+akhir+terdapat+siswa+yang+belum+tuntas+2+orang+(11%2C11%25)%2C+dan+16+orang+siswa+(88%2C89%25)+yang+telah+mencapai+ketuntasan+belajar.+Dari+siklus+II+ke+siklus+III+terjadi+peningkatan+hasil+belajar+12%2C5+(11%2C11%25)+rata-rata+hasil+belajar+siswa+83%2C33+dari+18+orang+siswa%2C+pada+tes+akhir+terdapat+19+orang+siswa+(100%25)+yang+telah+mencapai+ketuntasan+belajar.+Dengan+demikian+dapat+disimpulkan+penggunaan+pendekatan+pembelajaran+berpasangan+meningkatkan+minat+dan+hasil+belajar+IPS+siswa+kelas+V+SDN+2+Sukabumi+Bandar+Lampung&rft.publisher=Fakultas+KIP&rft.date=2011-09-23&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F764%2F1%2FCover.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F764%2F2%2FAbstrak.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F764%2F3%2FMenyetujui.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F764%2F4%2FPengesahan.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F764%2F5%2FPernyataan.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F764%2F6%2FDaftar%2520Isi.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F764%2F7%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F764%2F8%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F764%2F9%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F764%2F10%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F764%2F11%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F764%2F12%2FDaftar%2520Pustaka.pdf&rft.format=archive&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F764%2F13%2FPDF.zip&rft.identifier=+++%2C+ROSIDAH+YULIANTI++(2011)+PENINGKATKAN+MINAT+DAN+HASIL+BELAJAR+IPS+MELALUI+PENDEKATAN+PEMBELAJARAN+BERPASANGAN+PADA+SISWA+KELAS+V+SD+NEGERI+2+SUKABUMI+BANDAR+LAMPUNG+TAHUN+PELAJARAN+2010%2F2011.++Fakultas+KIP%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F764%2F