creators_name: , ROSIDAH YULIANTI type: other datestamp: 2014-01-28 03:51:20 lastmod: 2014-01-28 03:51:20 metadata_visibility: show title: PENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERPASANGAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 SUKABUMI BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011 ispublished: pub subjects: BF subjects: L1 subjects: LB full_text_status: restricted abstract: Masalah dalam penelitian ini adalah minat dan hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Sukabumi Bandar Lampung pada pelajaran IPS rendah, tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Sedangkan rumusan permasalahannya adalah apakah minat dan hasil belajar IPS dapat ditingkatkan melalui pendekatan pembelajaran berpasangan pada siswa kelas V SDN 2 Sukabumi Bandar Lampung tahun pelajaran 2010/2011. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar IPS melalui pendekatan pembelajaran berpasangan pada siswa kelas V SDN 2 Sukabumi Bandar Lampung tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tiga siklus; yang masing-masing siklus terdiri dari tahap-tahap; perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode ynag digunakan bersifat deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sasaran penelitian adalah siswa kelas V SDN 2 Sukabumi Bandar Lampung tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 18 orang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukan ada peningkatan minat dan hasil belajar IPS siswa melalui pendekatan pembelajaran berpasangan pada siswa kelas V SDN 2 Sukabumi Bandar Lampung yang ditunjukan data dari siklus I diperoleh hasil sebagai berikut; siswa yang belum tuntas 3 orang (16,7%), dan 15 orang siswa (83,3%) yang telah mencapai ketuntasan belajar. Dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan hasil belajar 2,78 atau (5,56%) dari 18 orang siswa, pada tes akhir terdapat siswa yang belum tuntas 2 orang (11,11%), dan 16 orang siswa (88,89%) yang telah mencapai ketuntasan belajar. Dari siklus II ke siklus III terjadi peningkatan hasil belajar 12,5 (11,11%) rata-rata hasil belajar siswa 83,33 dari 18 orang siswa, pada tes akhir terdapat 19 orang siswa (100%) yang telah mencapai ketuntasan belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan penggunaan pendekatan pembelajaran berpasangan meningkatkan minat dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 2 Sukabumi Bandar Lampung date: 2011-09-23 date_type: published publisher: Fakultas KIP place_of_pub: Universitas Lampung citation: , ROSIDAH YULIANTI (2011) PENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERPASANGAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 SUKABUMI BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Fakultas KIP, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/764/1/Cover.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/764/2/Abstrak.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/764/3/Menyetujui.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/764/4/Pengesahan.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/764/5/Pernyataan.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/764/6/Daftar%20Isi.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/764/7/BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/764/8/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/764/9/BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/764/10/BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/764/11/BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/764/12/Daftar%20Pustaka.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/764/13/PDF.zip