creators_name: Alfiyah , Widiyaningsih creators_id: 1915061034 type: other datestamp: 2023-10-16 01:56:07 lastmod: 2023-10-16 01:56:07 metadata_visibility: show title: ANALISIS PERBANDINGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE PADA MOBILE APPLICATION SHOPEE, TOKOPEDIA, DAN LAZADA DENGAN MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFICATION DAN METODE HEURISTIC EVALUATION ispublished: pub subjects: 005 subjects: 620 full_text_status: restricted abstract: Marketplace merupakan platform yang digunakan untuk melakukan transaksi jual beli secara online yang sangat populer di Indonesia, tiga marketplace dengan tingkat kunjungan tertinggi adalah Shopee, Tokopedia, dan Lazada yang dapat diakses melalui website maupun aplikasi mobile. Salah satu faktor utama yang menarik minat pengguna adalah User Interface dan User Experience pada setiap platformnya. Sehingga, dilakukan penelitian dengan tujuan untuk membandingkan tampilan UI/UX dari ketiga marketplace tersebut yang berfokus pada tampilan aplikasi mobile. Penelitian dilakukan terhadap 50 responden yang harus disertai dengan uji instrumen untuk membuktikan bahwa kuesioner dapat digunakan sebagai bahan penelitian menggunakan dua uji, yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Uji instrumen menunjukkan bahwa tingkat validitas dan reliabilitas kuesioner melebihi ambang batas minimum, yaitu sebesar 0.2787 untuk uji validitas dan 0.6 untuk uji reliabilitas, sehingga kuesioner dikatakan valid dan reliabel serta dapat digunakan sebagai bahan penelitian. Pada penelitian dilakukan dua metode evaluasi, yaitu metode End User Computing Satisfication dan metode Heuristic Evaluation. Penelitian dengan metode End User Computing Satisfication menunjukkan bahwa aplikasi Tokopedia memiliki tingkat kepuasan tertinggi sebesar 79.23%, diikuti aplikasi Shopee sebesar 78.21%, dan aplikasi Lazada sebesar 72.67%. Metode EUCS menilai aplikasi dari segi UX dengan aplikasi Tokopedia unggul pada kepuasan akurasi hasil pencarian dan pembaruan informasi produk dibandingkan dengan aplikasi Shopee dan Lazada. Kemudian, penelitian dengan metode heuristic evaluation untuk menilai aplikasi dari segi UI menunjukkan bahwa aplikasi Tokopedia memiliki tingkat kepuasan tertinggi yaitu sebesar 78.76% yang unggul pada pemilihan warna yang membuat mata tetap segar, kontrol terhadap kesalahan, efisiensi penggunaan ikon yang dipilih, dan menu help yang memandu pengguna dengan baik, sedangkan aplikasi Shopee mendapatkan kepuasan sebesar 77.88% serta aplikasi Lazada sebesar 73.84%. date: 2023-08-10 date_type: published publisher: FAKULTAS TEKNIK place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: Alfiyah , Widiyaningsih (2023) ANALISIS PERBANDINGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE PADA MOBILE APPLICATION SHOPEE, TOKOPEDIA, DAN LAZADA DENGAN MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFICATION DAN METODE HEURISTIC EVALUATION. FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/76404/1/1.%20ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/76404/3/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/76404/15/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf