%0 Generic %A KARTIKA , DEWI FITRIA %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %F eprints:76449 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN TEKNIK TWO STAY-TWO STRAY DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Way Tenong Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023) %U http://digilib.unila.ac.id/76449/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Creative Problem Solving dengan teknik Two Stay-Two Stray ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Way Tenong tahun pelajaran 2022/2023 yang terdistribusi dalam delapan kelas. Melalui teknik purposive sampling terpilih kelas VII G dan VII H yang masing-masing terdiri dari 27 dan 29 siswa sebagai sampel penelitian. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian ini adalah data kuantitatif yang diperoleh melalui tes berbentuk uraian pada materi segiempat. Analisis data yang digunakan adalah uji-t dan uji proporsi. Hasil analisis uji data menunjukkan bahwa rata-rata skor N-gain kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran Creative Problem Solving dengan teknik Two Stay-Two Stray lebih tinggi daripada rata-rata skor N-gain kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dan proporsi siswa yang memiliki kemampuan komunikasi matematis terkategori baik lebih dari 60% dari jumlah siswa yang mengikuti pembelajaran Creative Problem Solving dengan teknik Two Stay-Two Stray. Dengan demikian model pembelajaran Creative Problem Solving dengan teknik Two Stay-Two Stray efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci : creative problem solving, efektivitas, kemampuan komunikasi matematis, two stay-two stray