@misc{eprints76454, month = {September}, title = {HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS R.A KARTINI KECAMATAN METRO TIMUR }, author = {Dwi Setianingsih Meriska}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2023}, url = {http://digilib.unila.ac.id/76454/}, abstract = {Masalah penelitian ini adalah konsep diri yang kurang baik dan kurangnya minat belajar serta rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas V SD Negeri Se-Gugus R.A Kartini Metro Timur. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri dan minat belajar dengan hasil belajar matematika peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Se-gugus R.A Kartini Metro Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian expost facto korelasi. Populasi berjumlah 207 orang peserta didik dengan penentuan sampel menggunakan teknik probability sampling yang berjumlah 72 peserta didik. Instrumen pengumpulan data angket dengan skala likert. Analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri dan minat belajar dengan hasil belajar matematika peserta didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Se-gugus R.A Kartini, ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,720 berada pada taraf ?kuat?. Kata kunci: hasil belajar, konsep diri, minat. The problem of this research is poor self-concept and lack of interest in learning as well as low mathematics learning outcomes of class V students at SD Negeri Se- Cluster R.A Kartini East Metro. The purpose of this study was to find out a positive and significant relationship between self-concept and interest in learning with the mathematics learning outcomes of fifth grade students of SD Negeri SeCluster R.A Kartini East Metro. This type of research is quantitative research with expost facto correlation research methods. The population is 207 students with the determination of the sample using probability sampling technique totaling 72 students. Questionnaire data collection instrument with a Likert scale. Data analysis uses product moment correlation. The results of the data analysis showed that there was a positive and significant relationship between self-concept and interest in learning with the mathematics learning outcomes of Class V students at Se- Cluster R.A Kartini Public Elementary School, indicated by a correlation coefficient of 0.720 which was at the "strong" level. Keywords: interests, learning outcomes, self concept. } }