TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints76458 UR - http://digilib.unila.ac.id/76458/ A1 - Nadhilah , Nur Shabrina Y1 - 2023/09/18/ N2 - Pedulinya pemuda pemudi dengan pendidikan anak-anak terkait dengan literasi dan pengetahuan dasar lainnya, dimana pada zaman sekarang anak-anak lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bermain gadget dibandingkan untuk belajar atau sekedar membaca buku bacaan. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiman proses akomodasi komunikasi terjadi dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di Gubuk Literasi, Bandarlampung, Lampung selama kegiatan berlangsung. Berdasarkan hasil penelitian terdapat beberapa aspek yang berkaitan dengan Accommodation Communication Theory (CAT) tahapan atau cara beradaptasi dalam Accommodation Communication Theory terdapat dua tahapan yaitu Konvergensi dan Divergensi. Kemudian proses akomodasi komunikasi yang terbagi dalam beberapa aspek melalui aspek bahasa, intonasi, gesture (Gerak Tubuh), perilaku (Proxemics) antara pengajar dengan peserta didik di komunitas Gubuk Literasi. Dalam berlangsungnya kegiatan di Gubuk Literasi baik dari pengajar ataupun peserta didik menggunakan Bahasa Indonesia (non formal) dan cenderung mengikuti gaya Bahasa dari peserta didik. Kemudian dari aspek intonasi peneliti melihat pengajar menggunakan intonasi tegas, dan berdinamika. Hasil penelitian pada aspek gesture bahwa seringkali pengajar atau peserta didik mengekspresikannya dengan gerakan tubuh. Terakhir yaitu hasil penelitian ini juga diketahui bahwa ruang perilaku dan sosial (proxemics) di Gubuk Literasi terbagi menjadi tiga, yaitu Zona Intim, Zona Pribadi dan Zona Sosial. Kata Kunci : Akomodasi Komunikasi, Tahapan Beradaptasi, Proses Akomodasi Komunikasi, Bahasa, Intonasi, Gerak Tubuh, Ruang Perilaku dan Sosial. PB - FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK TI - STUDI KASUS IMPLEMENTASI AKOMODASI KOMUNIKASI PADA PROSES KBM DI KOMUNITAS GUBUK LITERASI KECAMATAN SUKABUMI, BANDARLAMPUNG, LAMPUNG AV - restricted ER -