%A MA?RIFATILLAH AWWALUDIN %T PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI LISAN DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learing terhadap keterampilan komunikasi lisan dan hasil belajar peserta didik pada materi struktur jaringan tumbuhan. Sampel penelitian ini adalah peserta didik SMP Negeri 1 Seputih Banyak yaitu kelas VIII E sebagai kelas Eksperimen dan VIII G sebagai kelas Kontrol yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain penelitian untuk keterampilan komunikasi lisan menggunakan lembar observasi dan hasil belajar mengunakan pretest-posttest nonequivalent control group design. Data keterampilan komunikasi lisan yang diperoleh dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif dan data hasil belajar diuji-t tunggal (Independent Sample t-Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pada kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah melalui pembelajaran dengan kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajarannya mengggunakan model Problem Based Learning, diketahui nilai keterampilan komunikasi lisan pada kelas ekskperimen 83,28% dan pada kelas kontrol 67,22%. Data hasil belajar pada taraf signifikansi 0,05 dengan nilai sig (2-tailed) 0 < 0,05 didapatkan rerata N-gain kelas ekperimen sebesar (0,418 ? 0,135) dengan kategori sedang dan kelas kontrol sebesar (0,278 ? 0,123) dengan kategori rendah. Dengan demikian disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Problem Based Learning berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan komunikasi lisan dan berkorelasi terhadap hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Model problem based learning, komunikasi lisan, hasil belajar, struktur jaringan tumbuhan %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints76464