TY - THES ID - eprints76473 UR - http://digilib.unila.ac.id/76473/ A1 - RIDWAN , KESUMA Y1 - 2023/07/04/ N2 - Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah belum tersedianya bahan ajar mengikuti perkembangan teknologi berupa e-book Teks Artikel Budaya Tradisi Ngagudok Juwadah untuk Kelas XII SMA. Tujuan penulisan ini adalah menghasilkan bahan ajar E-Book teks artikel budaya tentang Tradisi Ngagudok Juwadah dan mendeskripsikan kelayakannya dalam pembelajaran bahasa Lampung untuk siswa kelas XII SMA. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) Borg and Gall dengan mengadaptasi tujuh dari sepuluh langkah yang disesuaikan dengan kebutuhan penulisan. Data penelitian ini dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan penyebaran angket pada tiga sekolah di SMAN 1 Kalianda, SMAN 2 Kalianda dan SMAN 1 Rajabasa. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan deskriptif kualitatif yang diubah menjadi kuantitatif dengan menggunakan interpretasi skor. Hasil penelitian telah dihasikan bahan ajar E-book Teks Artikel Budaya Tradisi Ngagudok Juwadah untuk Kelas XII SMA berdasarkan pada analisis data penilaian validator ahli materi 96,5% dengan kategori sangat layak, ahli media 98,75% dengan kategori sangat layak, dan praktisi. 96,35% dengan kategori sangat layak. Uji skala besar terhadap siswa kelas XII pada tiga sekolah SMA meliputi tiga aspek yaitu penilaian aspek sajian e-book 93,33% dengan kategori sangat layak, penilaian aspek kebahasaan e-book 91,36% dengan kategori sangat layak, penilaian aspek kegrafikan e-book 85,33% dengan kategori layak Hasil rata-rata keseluruhan penilaian mendapatkan persentase sebesar 94,5% dengan kategori sangat layak. Kata Kunci: e-book, teks artikel budaya, bahasa lampung, tradisi ngagudok juwadah. Permasalahan sai dibahas dilom penelitian hiji yakdolah makkung wat ni bahan ajar sai nutuki perkembangan teknoogi berupa e-book Teks Artikel Budaya Tradisi Ngagudok Juwadah pakai kelas XII SMA. Tujuan penulisan sinji yakdolah ngehasilko bahan ajar E-book Teks Artikel Budaya Tradisi Ngagudok Juwadah khik muneh mendeskripsiko kelayakanni dilom pembelajaran Bahasa Lampung pakai siswa kelas XII SMA. Penelitian sinji ngegunako metode research and development (R&D) Borg and Gall sai ngadaptasi pitu anjak puluh langkah sai disesuaiko jama kebutuhan penulisan. Data Penelitian sinji dikumpulko pakai teknik observasi, bubalah, rik nyebarko angket di telu sekula yakdo SMAN 1 Kalianda, SMAN 2 Kalianda, rik SMAN 1 Rajabasa. Teknik analisis data dilakuko pakai ngegunako deskriptif kualitatif sai dikhubah jadi kuantitatif jama ngegunako interpretasi skor. Hasil penelitian khadu dihasilko bahan ajar E-book Teks Artikel Budaya Tradisi Ngagudok Juwadah pakai Kelas XII SMA didasakhko jama analisis data penilaian validator ahli materi 96,5% sai kategori layak nihan, ahli media 98,75% sai kategori layak nihan, khik praktisi. 96,35% sai kategori layak nihan. Uji skala balak tehadop siswa kelas XII jama tiga sekolah SMA ngeliputi tiga aspek yakdo penilaian aspek sajian e-book 93,33% sai kategori layak nihan, penilaian aspek kebahasaan e-book 91,36% sai kategori layak nihan, penilaian aspek kegrafikan e-book 85,33% sai kategori layak. Hasil khata-khata seunyini penilaian ngemansako persentase sebalak 94,5% sai kategori layak nihan. Kata Kunci: e-book, teks artikel budaya, bahasa lampung, tradisi ngagudok juwadah The problem discussed in this study is the unavailability of teaching materials that are lightweight, easy, and follow technological developments. Cultural Article Text is one of the texts taught to learners. The purpose of this writing is to produce E-Book teaching materials for cultural article texts about the Ngagudok Juwadah Tradition and describe its feasibility in learning Lampung language for grade XII high school students. This study used Borg and Gall's research and development (R&D) method by adapting seven out of ten steps tailored to writing needs. This research data was collected by observation, interview, and questionnaire distribution techniques at three schools in SMAN 1 Kalianda, SMAN 2 Kalianda and SMAN 1 Rajabasa. Data analysis techniques are carried out using descriptive qualitative which is converted into quantitative using score interpretation. The results of the study have resulted that the teaching materials for the E-book Text of Cultural Articles of the Ngagudok Juwadah Tradition for Class XII Senior High School are based on data analysis of 96.5% material expert validator assessment with very feasible categories, 98.75% media experts with very feasible categories, and practitioners. 96.35% with very decent category. Large-scale tests on grade XII students in three high schools include three aspects, namely the assessment of aspects of e-book presentation 93.33% with the very decent category, the assessment of the linguistic aspects of the e-book 91.36% with the very decent category, the assessment of the graphic aspects of the e-book 85.33% with the decent category The average result of the overall assessment gets a percentage of 94.5% with the very decent category. Keywords: ebook, cultural article text, lampung language, ngagudok juwadah tradition. PB - UNIVERSITAS LAMPUNG M1 - masters TI - PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-BOOK TEKS ARTIKEL BUDAYA TRADISI NGAGUDOK JUWADAH MATA PELAJARAN BAHASA LAMPUNG DI SEKOLAH MENENGAH ATAS AV - restricted ER -