TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints765 UR - http://digilib.unila.ac.id/765/ A1 - Basyuni, ROSIDIN Y1 - 2011/09/23/ N2 - Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pemanfaatan alat peraga gambar bangun datar persegi panjang dan segitiga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan prestasi belajar siswa. Sasaran penelitian tindakan kelas ini adalah SD Negeri 3 Labuhan Ratu Kelas VB dengan jumlah siswa 37 orang terdiri dari 19 laki-laki dan 18 perempuan. Penelitian menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Sumber data adalah personil penelitian yang terdiri dari siswa dan guru. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif yang diperoleh dari tes hasil belajar dan data kualitatif diperoleh melalui lembar observasi dan dokumentasi. Tehnik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar. Tahapan analisis data yang dilakukan adalah mereduksi data, menyimpulkan, verifikasi dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I pertemuan 1 menunjukkan aktivitas siswa 72%, dan prestasi belajar rata-rata 7,08. Pada siklus I pertemuan 2 aktivitas siswa 86% dan prestasi belajar rata-rata 8,29. Pada siklus II pertemuan 1 aktivitas siswa 88% dan prestasi belajar siswa rata-rata 8,56. Pada siklus II pertemuan 2 aktivitas siswa 91% dan prestasi belajar siswa rata-rata 8,89. Kata kunci : Aktifitas belajar, Prestasi, Alat peraga gambar. PB - Fakultas KIP TI - PENINGKATAN AKTIFITAS DAN PRESTASI BELAJAR SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR MENGGUNAKAN ALAT PERAGA GAMBAR SISWA DI KELAS V B SDN 3 LABUHAN RATU KECAMATAN KEDATON BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010-2011 AV - restricted ER -