%0 Generic %A IVAN, FAJAR PRASETYA %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %F eprints:76517 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBASIS ETNOSAINS LAMBAN PESAGI DALAM MATERI LARUTAN PENYANGGA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA %U http://digilib.unila.ac.id/76517/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model problem-based learning berbasis etnosains lamban pesagi dalam materi larutan penyangga untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 7 Bandarlampung semester genap tahun ajaran 2022/2023. Sampel penelitian ini, yaitu siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Metode penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas model problem-based learning berbasis etnosains lamban pesagi dianalisis menggunakan uji Paired Sample T-test dan uji effect size terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pretest keterampilan berpikir kritis adalah 34,72 dan rata-rata nilai posttest adalah 82,64 dimana mengalami kenaikan sebesar 47% dengan rata-rata n-Gain 0,73 yang menunjukkan kategori tinggi. Berdasarkan uji Paired Sample T-test yang dilakukan, disimpulkan bahwa rata-rata nilai posttest berpikir kritis siswa tidak sama dengan rata-rata nilai pretest berpikir kritis siswa pada materi larutan penyangga. Hasil tersebut menunjukkan efektivitas model problem-based learning berbasis etnosains lamban pesagi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi larutan penyangga sebelum dan sesudah pembelajaran. Ukuran pengaruh dihitung dengan menggunakan uji effect size. Hasil pengujian effect size menunjukkan bahwa 95% peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dipengaruhi oleh model problembased learning berbasis etnosains lamban pesagi dengan kriteria besar. Kata kunci: etnosains lamban pesagi, keterampilan berpikir kritis, problem-based learning