TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints7652 UR - http://digilib.unila.ac.id/7652/ A1 - Siti Nurjanah, 1013119178 Y1 - 2015/02/03/ N2 - ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VI SD Negeri 4 Wates. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran IPA di kelas VI SD Negeri 4 Wates. Metode yang digunakan adalah tindakan kelas dengan dua siklus melalui empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui tes dan non tes. Teknik analisis data melalui analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan prestasi belajar siswa meningkat melalui model pembelajaran jigsaw, hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata persentase aktivitas belajar siswa siklus I 62,11% (cukup aktif), mengalami peningkatan sebesar 20,39 pada siklus II menjadi 82,50% (sangat aktif). Begitu pula dengan prestasi belajar siswa meningkat pada setiap siklusnya. Pada siklus I siswa yang tuntas 69,23% (tinggi). Mengalami peningkatan sebesar 23,07% pada siklus II menjadi 92,30% (sangat tinggi). Rata-rata nilai pada siklus I 68,30 (tinggi) meningkat sebesar 12,29% menjadi 80,50 (sangat tinggi) pada siklus II. Kesimpulan bahwa melalui model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar IPA siswa kelas VI SD Negeri 4 Wates Kecamatan gadingrejo Kabupaten Pringsewu Tahun Pelajaran 2014/2015. Kata kunci: jigsaw, aktivitas belajar, presetasi belajar, IPA PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS VI SD NEGERI 4 WATES TAHUN PELAJARAN 2014/2015 AV - restricted ER -