%0 Generic %A M. , BIMA SAKTI %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %F eprints:76529 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BERBASIS MULTIKULTURAL SEBAGAI UPAYA PENGUATAN NILAI KARAKTER TOLERANSI DAN CINTA DAMAI PADA SISWA SMP NEGERI 7 METRO %U http://digilib.unila.ac.id/76529/ %X Pendidikan multikultural merupakan proses untuk mengembangkan kemampuan dan pemahaman individu agar dapat menghargai pluralitas dan heterogenitasnya di lingkungan tempat tinggal salah satunya di SMP negeri 7 Metro. Sekolah ini terdapat keberagaman yang signifikan dan hal ini menjadi suatu dasar membangun rasa persatuan. Pada kenyataannya masih terdapat sebagian siswa yang memiliki sikap etgosentrisme, primordialisme dan etnosentrisme. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan secara ilmiah dan memahami serta menggali informasi sejauhmana sikap toleransi dan cinta damai yang ditunjukkan oleh warga sekolah SMP Negeri 7 Metro. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan teknik pengumpulan data yakni wawancara, observasi dan dokumentasi serta analisis data yaitu perpanjangan waktu dan triangulasi data dapat memberikan informasi yang akurat. Hasil penelitian menjukkan bahwa pendidikan multikultural sangat memengaruhi karakter siswa SMP Negeri 7 Metro untuk melaksanakan aktivitas belajar di tengah keberagaman yang ada. Implementasi pendidikan multikultural dapat diintegrasikan pada tema pembelajaran yang dilaksanakan sehingga dapat menumbuhkan pemahaman kepada siswa tentang sikap toleransi. Sekolah juga melakukan pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari seperti menghargai acara keagamaan siswa, melibatkan siswa dalam setiap kegiatan sekolah tanpa memandang latar belakang serta melalui pembiasaan perilaku yang dilakukan oleh guru dengan cara saling menghormati perbedaan yang ada di dalam sekolah. Guru menjadi pribadi yang dapat diteladani oleh siswa dengan mencerminkan sikap toleransi dan cinta damai. Kata Kunci : Pendidikan multikultural, Nilai, Karakter, Toleransi dan cinta damai Multicultural education is a process to develop individual abilities and understanding so that they can appreciate their plurality and heterogeneity in their living environment, one of which is SMP Negeri 7 Metro. This school has significant diversity and this forms a basis for building a sense of unity. In reality, there are still some students who have attitudes of etgocentrism, primordialism and ethnocentrism. The purpose of this study is to scientifically describe and understand and gather information on the extent of tolerance and peace-loving attitudes shown by the residents of SMP Negeri 7 Metro. This study uses qualitative research and data collection techniques, namely interviews, observation and documentation as well as data analysis, namely time extension and data triangulation to provide accurate information. The results of the study show that multicultural education greatly influences the character of SMP Negeri 7 Metro students to carry out learning activities in the midst of existing diversity. The implementation of multicultural education can be integrated into the learning themes that are carried out so that it can foster students' understanding of tolerance. Schools also carry out habituation in everyday life such as respecting student religious events, involving students in every school activity regardless of background and through habituation of behavior carried out by teachers in a way of mutual respect for differences that exist within the school. Teachers become individuals who students can emulate by reflecting attitudes of tolerance and love of peace. Keywords : Multicultural education, Values, Character, Tolerance and Peace Loving