title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri 2 Tanggamus Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023) creator: YASA ARRIZKY, DAWAMI subject: 370 Pendidikan subject: 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran guided inquiry terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Desain penelitian yang digunakan ialah pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Tanggamus semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, dan terpilih kelas VIII-F dengan 35 siswa sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran guided inquiry, dan kelas VIII-E dengan 37 siswa sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh melalui tes kemampuan komunikasi matematis, yang diberikan sebelum dan setelah perlakuan. Pengujian hipotesis dengan uji kesamaan dua rata-rata menggunakan statistik uji-t dengan α=0,05. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran guided inquiry berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2023-10-04 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/76550/1/1.%20ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/76550/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/76550/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf identifier: YASA ARRIZKY, DAWAMI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri 2 Tanggamus Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/76550/