title: ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG creator: MAKRUN SANJAYA , MUHAMMAD subject: 300 Ilmu sosial subject: 370 Pendidikan subject: 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan description: Fokus penelitian ini ialah faktor pengaruh hasil belajar siswa, yang terbagi menjadi faktor internal dan eksternal. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan faktor- faktor yang memengaruhi hasil belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Bandar Lampung. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dan dokumentasi. Siswa menjadi subjek dalam penelitian ini sebanyak 80 siswa. Teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang disajikan dalam bentuk presentase dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang memengaruhi hasil belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Bandar Lampung berada pada kategori “sangat rendah” sebanyak 4 siswa sebesar 5%, kategori “rendah” sebanyak 6 siswa sebesar 8%, kategori “sedang” sebanyak 31 siswa sebesar 39%, kategori “tinggi” sebanyak 31 siswa sebesar 39% dan kategori “sangat tinggi” sebanyak 8 siswa sebesar 10%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan faktor-faktor yang memengaruhi hasil belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Bandar Lampung termasuk dalam kategori sedang. Kata kunci: faktor internal, faktor eksternal, hasil belajar, pendidikan jasmani The focus of this research is the influence of student learning outcomes, which are divided into internal and external factors. The purpose of this study was to describe the factors that influence the learning outcomes of sports and health physical education for class VIII students at SMP Negeri 8 Bandar Lampung. The method in this research is descriptive qualitative method. Data collection techniques using questionnaires or questionnaires and documentation. Students became subjects in this study as many as 80 students. The data analysis technique uses quantitative descriptive analysis which is presented in the form of a percentage and data triangulation. The results showed that the factors that influenced the learning outcomes of sports and health physical education in class VIII students at SMP Negeri 8 Bandar Lampung were in the "very low" category of 4 students by 5%, the "low" category by 6 students by 8%. , the category of "medium" as many as 31 students by 39%, the category of "high" as many as 31 students by 39% and the category "very high" as many as 8 students by 10%. So it can be concluded that overall the factors that influence the learning outcomes of sports and health physical education in class VIII students at SMP Negeri 8 Bandar Lampung are included in the moderate category. Keywords: internal factors, external factors, learning outcomes, physical education publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2023-07-23 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/76556/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/76556/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/76556/3/SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: MAKRUN SANJAYA , MUHAMMAD (2023) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG . relation: http://digilib.unila.ac.id/76556/