title: PENERAPAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI SMPN 5 BANDAR LAMPUNG creator: Dini Mayang, Anggraini subject: 700 Seni, seni rupa, kesenian subject: 707 Pendidikan, penelitian, topik terkait bidang kesenian dan karya seni description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining pada mata pelajaran Seni Budaya di kelas VIII A SMPN 5 Bandar Lampung. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Seni Budaya dan peserta didik di kelas tersebut. Penelitian di kelas dilaksanakan selama satu bulan atau empat kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining menciptakan suasana belajar yang interaktif. Model pembelajaran Student Facilitator and Explaining merupakan model yang tepat untuk melatih keaktifan peserta didik dibandingkan dengan model pembelajaran lain yang berpusat pada guru. Keterkaitan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan teori behavioristik yaitu peserta didik terlibat dalam pemberian stimulus karena model pembelajaran tersebut mengharuskan peserta didik mampu menjadi facilitator untuk menjelaskan materi kepada peserta didik yang lain. Perlu dilakukan pembiasaaan lebih lanjut agar tingkah laku yang diharapkan guru kepada peserta didik benar-benar terbentuk dan bukan hanya bersifat temporer. Kata kunci: Pembelajaran, Student Facilitator and Explaining, Seni Budaya. publisher: FKIP date: 2023-02-17 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/76567/1/abstark12.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/76567/2/skripsi%20fulll%2012333.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/76567/3/skripsi%20tanpa%20pembahasannn%2012.pdf identifier: Dini Mayang, Anggraini (2023) PENERAPAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI SMPN 5 BANDAR LAMPUNG. FKIP, universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/76567/