@misc{eprints76601, month = {Oktober}, title = {PENGARUH MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN BERKOLABORASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SD NEGERI 4 METRO BARAT}, author = {RICI RAFISTRI CICILIA }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2023}, url = {http://digilib.unila.ac.id/76601/}, abstract = {Permasalahan dalam penelitian adalah rendahnya kemampuan berkolaborasi peserta didk di kelas II SD Negeri 4 Metro Barat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penerapan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan non-equivalent control group design. Penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh dengan jumlah 34 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah instrument tes dan non tes. Hasil pengujian hipotesis diperoleh data nilai signifikan {\ensuremath{<}} ttabel (taraf signifikansi 5\%, {\ensuremath{\alpha}} = 0,05) dengan rincian 0,02 {\ensuremath{<}} 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan berkolaborasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas II SD Negeri 4 Metro Barat. Kata kunci: bahasa Indonesia, kemampuan berkolaborasi, model CIRC The problem in this research is the low ability of students to collaborate in class II SD Negeri 4 Metro Barat. The purpose of this study is to determine the significant effect on the application of the Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) model. This method of research is quantitative research. The research design used is a non-equivalent control group design. This study used a saturated sample technique with a total of 34 students. The instruments used are test and nontest instruments. The results of testing the hypothesis obtained significant value data {\ensuremath{<}} ttable (5\% significance level, {\ensuremath{\alpha}} = 0.05) with details of 0.02 {\ensuremath{<}} 0.05, then Ha is accepted and Ho is rejected. The results of this study indicate that there is a significant influence of the Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) model on the ability to collaborate in class II Indonesian language subjects at SD Negeri 4 Metro Barat. Keywords: Indonesian language, ability to collaborate, CIRC model} }